120 Lansia Yang Tinggal Di Rusunawa Dapat Bantuan Peralatan Dapur

Sebanyak 120 orang lanjut usia (lansia) yang tinggal di Rusunawa Komarudin dan Pinus Elok, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, mengikuti acara Penguatan Kemandirian Lansia. Kegiatan yang diadakan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur digelar di Rusunawa Komarudin, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Kamis (29/10).

Para lansia yang usianya 60 tahun ke atas tersebut, menerima bantuan berupa sembako dan peralatan dapur. Menurut Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Mohamad Yasin, dari 120 lansia yang menerim bantuan, terdiri dari 60 warga Rusunawa Komarudin dan 60 warga Rusunawa Pinus Elok.

Lansia penerima bantuan merupakan hasil penyaringan oleh Kepala Seksi Dinas Sosial Kecamatan (KSDSK) dibantu Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan pilar-pilar Sosial. "Sasarannya dua rusun itu, hanya pemusatan kegiatan saja di Rusun Komarudin. Kriteria lansia umurnya 60 tahun ke atas, tapi sasaran utamanya lansia yang menurut KSDSK pantas menerima bantuan dari pemerintah. KSDSK tidak bekerja sendiri, ada PSM dan Pilar Sosial juga membantu menyaring," kata Yasin.

Adapun pemberian bantuan sembako terdiri dari beras, gula pasir, mentega, pengembang kue, susu kental manis, tepung beras dan tepung terigu. Sementara bantuan peralatan dapur berupa blender tabung kaca, panci, penggorengan, saringan atau ayakan, kompor gas bahan stainless steel, loyang, mixer, dan tabung gas tiga kilogram.

"Tujuannya dengan adanya peralatan yang diberikan dia bisa beraktifitas seperti membuat kue. Dan sembako untuk meringankan beban para lansia. Ini harapan Ibu Veronica bahwa setiap SKPD memberikan kontribusinya kepada penghuni rusun. Karang Taruna kan sudah pernah, jadi sekarang untuk lansia," ujar Yasin. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)