Sasar Pedagang, Pelayanan Kesehatan Diadakan Di Pasar Embrio Makasar

Puskesmas Kecamatan Makasar  gelar pelayanan kesehatan gratis dalam acara Gebyar Pasar Sehat, di halaman parkir Pasar Embrio, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Rabu (4/11). Kegiatan yang diadakan dalam rangka program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati ini, disambut antusias warga, diantaranya para pengunjung dan pedagang pasar.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana hadir untuk membuka acara ini. Ikut mendampingi Walikota, Kasudin Kesehatan Jakarta Timur Iwan Setiawan dan para pejabat lainnya.

Stan-stan pelayanan kesehatan didirikan di area pasar, seperti pelayanan kesehatan umum, VCT/HIV, imunisasi, konsultasi kesehatan reproduksi/KB, promosi kesehatan penyakit menular dan tidak menular, dan konsultasi sanitasi lingkungan. Selain itu, juga disediakan mobil layanan kesehatan gigi dan KB dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana Provinsi DKI Jakarta.

Herisianto Tyahya, Kepala Puskesmas Kecamatan Makasar mengatakan dibukanya pelayanan kesehatan ini merupakan program Ketuk Pintu Layani Dengan Hati. "Pelayanan kesehatan jemput bola di pasar yang kita adakan ini mendukung program Gubernur. Sepertinya, untuk di Jakarta Timur, layanan ketuk pintu di pasar baru di Kecamatan Makasar, ya di pasar Embrio ini," ungkap Heri, Rabu (4/11).

Ditambahkan Heri, Pasar Embrio merupakan binaan Puskesmas Kecamatan Makasar dalam program pasar sehat. Ke depan, pelayanan kesahatan umum dan VCT/HIV bakal secara rutin dibuka di pasar tersebut. "Kalau Ketuk Pintu Layani Dengan Hati biasanya di rusun, tapi di Kecamatan Makasar nggak ada rusun, jadi kita ke pasar. Rencananya, seminggu sekali akan mengadakan pelayanan kesehatan di pasar ini, harus ada pelayuanan kesehatan di dalam pasar," papar Heri.

Pasar Embrio sendiri merupakan satu dari beberapa pasar tradisional di Jakarta Timur yang ikut seleksi standarisasi bebas bahan pengawet dan berbahaya dalam Pencanangan Pasar Sehat Tahun 2015. Adapun penilaian lainnya yakni, infrastruktur pasar dan terselenggaranya pengelolaan pasar yang memenuhi persyaratan kesehatan dan berkesinambungan. (Jonathan/Kominfomas JT)