Wagub DKI Hadiri Peringatan Hari Kali Ciliwung

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengaku sangat senang banyaknya komunitas yang mulai bertumbuh di sekitar kali Ciliwung. Djarot menilai, hal seperti ini patut diapresiasi sebagai bentuk kepedulian terhadap kali dan sungai yang menjadi sumber kehidupan bagi warga.

“Saya sangat senang, di sekitar Kali Ciliwung banyak tumbuh komunitas yang peduli dengan Kali Ciliwung," ungkap Djarot saat menghadiri peringatan Hari Kali Ciliwung, di Jalan Munggang No.6 Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Rabu (11/10).

Wagub mengaku memiliki impian, suatu ketika nanti, Ciliwung menjadi sungai yang cantik. “Alam-alam di sini kita tanami semua agar menjadi tujuan wisata jelajah sungai Ciliwung, kemudian ada dermaga-dermaga yang sangat-sangat alami," harap Djarot.

Apabila pemerintah, komunitas, beserta stakeholder lainnya bersinergi, berkomitmen dan bekerjasama, mimpi mewujudkan Kali Ciliwung yang didambakan bisa terealisasi. Djarot menambahkan, sebagai sumber kehidupan, manusia tidak bisa hidup tanpa air.

Tubuh manusia hampir 90 persen komponennya air. Apabila sungai dan kali tidak dijaga dan dirawat kelestariannya dengan baik, tentu berpotensi mendatangkan musibah, tak hanya bagi generasi saat ini, tapi juga anak cucu dan generasi yang akan datang.

"Saya yakin kalau kita bergandeng tangan dan bekerjasama, kita akan bisa mewujudkan mimpi itu. Dengan menjaga, melestarikan dan menyelamatkan Kali Ciliwung, kita juga menyelamatkan generasi mendatang," tandas Djarot. (Maman/Kominfomas JT)