Radio Trunking Mempercepat Penanggulangan Bencana

Kepala Pelaksana Kantor Penanggulangan Bencana Kota (KPBK) Administrasi Jakarta Timur Iwan P. Samosir menyambut baik diselenggarakannya roadshow bimbingan teknis (Bimtek) oleh Sudin Kominfomas Jakarta Timur di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Timur. Bimtek tersebut menurutnya, membantu aparatur di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk mengantisipasi siaga bencana, percepatan koordinasi dan penyampaian informasi kegiatan pemerintahan.

"Saya sangat berterimakasih kepada Sudin Kominfomas karena penggunaan radio trunking untuk mempercepat alur birokrasi,” ujar Iwan, saat penutupan roadshow Bimtek penggunaan radio trunking, di Ruang Rapat Kantor Penanggulangan Bencana Kota (KPBK) Administrasi Jakarta Timur, Blok B 1 Kantor Walikota Jakarta Timur,  Kamis (12/11).

Dalam kegiatan yang dihadiri Kasudin Kominfomas Jakarta Timur, serta perwakilan dari kelurahan dan kecamatan tersebut, Iwan memaparkan manfaat radio trunking terkait penanggulangan bencana. Kecepatan penyampaian informasi, menurut Iwan, merupakan sisi kelebihan radio trunking.

“Adapun manfaat radio trunking dalam infomasi masalah kebencanaan harus cepat sehingga pemerintah mulai dari tingkat provinsi, kota, kecamatan dan kelurahan dapat cepat mengambil keputusan dalam menanggulangi bencana," ujar Iwan.

Radio trunking menurutnya, sebagai media untuk memberikan informasi juga dapat mempercepat koordinasi  dalam penanggulangan bencana.  “Tentunya penanggulangan bencana yang terjadi  dapat diselesaikan secara tepat dan cepat,” ujar Iwan. (Jonathan/Kominfomas JT)