Anggota Satpol PP Jaktim Dibekali Keterampilan Komunikasi

Sebanyak 100 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur mengikuti kegiatan Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Komunikasi yang diadakan di kawasan Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat, dari tanggal 25-26 November 2014. Mereka mendapatkan pembekalan dari Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan (Kominfomas) Jakarta Timur dengan materi Peranan Teknologi dan Komunikasi.

Menurut Kasudin Kominfomas Jakarta Timur Drs. Ii Karunia, M.Si, mengatakan, bidang kehumasan memiliki peranan agar terciptanya pengelolaan yang proporsional, profesional, efektif dan efisien dalam mendukung penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik.

“Saat ini masyarakat memiliki hak untuk memperoleh informasi dari pemerintah atau badan publik, karena dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Kebebasan Memperoleh Informasi Publik  dan  membangun citra reputasi positif pemerintah dalam membentuk, meningkatkan serta memelihara opini positif publik,” kata Ii.

Menurutnya, hubungan masyarakat (Humas) sebagai ujung tombak pengelolaan informasi, dibangun melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan membangun hubungan internal maupun eksternal, mengelola sarana dan prasana kehumasan.

“Kita harus memahami akan pentingnya informasi dapat di akses melalui jaringan sosial media, internet, android maupun handphone yang dapat memberikan informasi perkembangan di tanah air ini,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, saat ini perkembangan teknologi di Indonesia terutama yang berada di kota-kota besar sudah banyak pesat. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi sudah jadi kebutuhan.

“Pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang. Padahal informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan berbagai informasi yang berkembang di tanah air,” tukasnya.

Pemberian materi ini juga dilanjutkan tanya jawab antara narasumber dengan para peserta. Hadir pula pada kegiatan ini Kasie Ops Satpol PP Jakarta Timur Agus Sadiki dan Kasie Kehumasan Sudin Kominfomas Jakarta Timur Gatut Sudharsono. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)