Optimalkan ZIS, Walikota Jaktim Luncurkan Program PPU

Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, meluncurkan Program Pemberdayaan dan Pembangunan Umat (PPU), di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (31/12). Program ini merupakan kerjasama antara BAZIS Jakarta Timur dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan PT Indomarco Prismatama, pengelola gerai Indomaret.

Program PPU sendiri, sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengumpulan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dari masyarakat. Lewat kerjasama ini akan ditempatkan kotak pengumpulan ZIS di 259 gerai Indomaret yang ada di Jakarta Timur.

"Program ini bagus dalam rangka  pengentasan angka kemisikinan di Jakarta Timur. Kita harapkan nantinya akan tercipta pemberdayaan dimasyarakat," ujar Walikota.

Disampaikan Krisidianto, Program PPU amat positif dalam rangka pengelolaan dana ZIS dari masyarakat. Dirinya pun menilai langkah BAZIS Jakarta Timur terbilang sangat strategis dengan mengandeng gerai ritel seperti Indomaret. Dengan begitu diharapkan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan ZIS akan lebih mudah terjangkau dan mudah diakses.

"Saya ingin dana ini dapat dipertanggung jawabkan," tegas Krisdianto. 

Dikatakan Krisdianto, melalui PPU diharapkan akan mengugah hati masyarakat akan kesadaran berbagi dan peduli pada masyarakat miskin, Menurutnya dengan disediakan kotak amal disetiap gerai usaha ritel nantinya akan banyak warga miskin yang tertolong.

"Kita ingin menggugah hati masyarakat untuk berbuat baik, karena hampir seluruh agama mengajarkan berbuat baik," jelas Krisdianto.

Sementara itu Kepala BAZIS Jakarta Timur, Dwi Busara, mengatakan nantinya dana yang terkumpul di gerai-gerai usaha ritel tersebut akan diaudit oleh pihak ketiga sehingga transpran dan akuntabel, kemudian dana yang terkumpul akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

"Dana yang terkumpul akan dilakukan audit sehingga transprans dan akuntabel, kemudian dana akan kita salurkan kepada warga yang membutuhkan," jelasnya.

Dituturkan Dwi, Program PPU sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BAZIS sebagaimana tertera dalam  SK Gubernur No. 51 tahun 2006, tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengumpulan dan Pendayagunaan ZIS oleh BaZIS Provinsi DKI Jakarta.

"Ini dalam rangka mengoptimalkan pengumpulan Shadaqah warga di wilayah Jakarta Timur, yaitu melalui penempatan kotak-kotak Shadaqah BAZIS di gerai-gerai ritel," tuturnya.

Peluncuran Program PPU ini ditandai dengan penandatangan piagam kerjasama oleh Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara dan CSR Manager PT Indomarco Prismatama Bambang Trijanto.

Setelah itu dilakukan penyerahan secara simbolis kotak dana ZIS dari Walikota kepada Bambang, selaku perwakilan Indomaret, disaksikan Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara dan Sekjen APRINDO Rudi Sumampou dan Kepala BAZIS Provinsi DKI Jakarta Djubaidih Adih.(Rodin Daulat/Kominfomas JT)