Veronica Tan Ajak Warga Rusunawa Pinus Elok Ikut Jaga Kebersihan

Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Veronica Tan ajak warga yang tinggal di rumah susun (Rusun) agar ikut merawat dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Menurut Vero, tujuan pemerintah memindahkan masyarakat ke rumah susun agar kehidupan mereka menjadi lebih baik, dibandingkan di tempat tinggal yang lama.

Pesan ini disampaikan Vero saat menghadiri Deklarasi Warga Pintar Jaga Kebersihan di Rusunawa Pinus Elok A, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Sabtu (23/1). Tampak hadir pada kegiatan ini antara lain,  Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Provinsi DKI Jakarta Ika Lestari Aji, Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad, Ketua TP PKK Jakarta Timur Siti Syamsiah, Kabag Kesos Jakarta Timur Yeni Asnita, Camat Cakung Alamsyah, Lurah Penggilingan Usdiyati, dan Lurah Cakung Barat Hendrica Kuswandari.

Ajakan warga untuk menjaga Rusun menurut Vero, sesuai dengan tema kegiatan di Rusunawa Pinus Elok yaitu Kubangun, Kujaga, Kubahagia. “Bukan hanya perekonomian warga meningkat, tetapi perubahan tingkah laku dan etika komunitas dari warga Rusunawa Pinus Elok menjadi lebih baik,” ujar Vero.

Vero menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan dukungan dan perhatian bagai warga yang tinggal di Rusunawa Pinus Elok. “Diharapkan dengan Gerakan Kepedulian Indonesia, Dinas Perumahan serta beberapa pejabat Pemerinta Kota Administrasi Jakarta Timur yang hadir disini, kehidupan baru akan dijalankan mulai dari hari ini,” ujar Vero.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta Ika Lestari Aji mengatakan, pihaknya akan terus berupaya melakukan perbaikan fisik bangunan Rusunawa yang rusak. Selain itu prasarana kesehatan, perpustakaan dan RPTRA juga akan dibangun di Rusunawa Pinus Elok.

“Kesadaran masyarakat akan menjaga fisik bangunan harus dijaga, tidak ada coretan dinding ataupun pintu rusunawa, kebersihan rusun juga wajib dijalankan agar memberikan kenyamanan semua penghuni rusun,” ungkap Ika.

Sementara itu Manager Yayasan Gerakan Kepedulian Indonesia Tintin Rahmawati mengatakan, jika ingin adanya perubahan yang lebih baik, harus dimulai dari diri sendiri bukan karena dari orang lain. “Kemudian juga jika ingin melakukan sesuatu yang baik, peran bukan hanya dalam keluarga saja, tetapi peran komunitas itu lebih penting,” tutur Tintin.

Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad, mengatakan, semua insan pasti menginginkan hidup sejahtera. “Jadi mulai sekarang perilaku dan kebiasaan yang buruk dihilangkan, agar membangun komunitas yang sejahtera dan masa depan menjafi lebih baik lagi,” ujarnya.

Husein mengajak warga Rusunawa Pinus Elok agar dapat melakukan perubahan sejak dini, mulai dari diri mereka masing-masing. “Perubahan dimulai dari hari ini, dari diri sendiri dan dari hal yang kecil, agar komunitas Rusunawa Pinus Elok dapat menjalankan kehidupan dan masa depan lebih baik lagi,” tukasnya. (Jonathan/Kominfomas JT)