80 Karung Lumpur Diangkut dari Dua Saluran di Kayu Manis

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) melakukan pembersihan saluran di lingkungan warga Gang Sengon 6 RT 008 dan 009/RW 07 Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Hasilnya, sebanyak 80 karung berisi lumpur dan sampah berhasil diangkut petugas dari dua titik saluran sepanjang 60 meter tersebut.

Lurah Kayu Manis, Heru Suryono, menyatakan pembersihan saluran di dua titik lokasi ini sebagai upaya mengantisipasi banjir dan genangan selama musim hujan. Melalui kegiatan tersebut, fungsi saluran diharapkan bisa lebih maksimal sehingga tidak meluap saat diguyur hujan deras.

"Kondisinya dipenuhi lumpur dan sampah. Makanya sebelum terjadi genangan, kita bersihkan agar alirannya lancar," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (31/10/2021).

Ia berharap, setelah dibersihkan, warga dapat bersama-sama menjaga kebersihan saluran. Dari hasil pembersihan di dua titik saluran, petugas juga menemukan banyak sampah yang tercecer.

"Marilah bersama, lingkungan bersih dan sehat wujudkan keimanan. Maka dari itu jagalah kondisi lingkungan. Bersih-bersih ini bagian dari edukasi untuk warganya," pungkasnya. (AJ)

Foto Dok. Kelurahan Kayu Manis