PKK Jakarta Timur Kembali Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker pada Anak

Jakarta Timur, (3/7/2024) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, membuka kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker pada anak, di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (3/7/2024). Kegiatan bekerjasama dengan Rumah Anyo, yayasan yang merupakan persinggahan untuk anak pejuang kanker.

Diah Anwar menjelaskan, kegiatan rutin tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh kader PKK Jakarta Timur mengetahui secara dini atau mendeteksi adanya kanker pada anak. Hal tersebut dapat diaplikasikan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). 

“Ini yang keempat kali kita melaksanakan kegiatan seperti ini, dan insyaallah dengan terus-menerus disosialisasikan, jadi masyarakat bisa mengenali secara dini bagi anak-anak yang terkena kanker,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan sosialisasi pengetahuan bentuk pencegahan kanker, sehingga kanker bisa ditangani sejak dini, dan anak-anak tetap tumbuh sehat.

Sementara itu, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan lingkungan Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Suni Sigit menambahkan, kegiatan perlu diapresiasi, lantaran banyak kader PKK kini lebih memahami cara mendeteksi secara dini kanker pada anak, sehingga anak-anak di Jakarta termonitor dengan baik kesehatannya. 

“Alhamdulillah, makin banyak kader yang sudah terinformasi terkait mengenali gejala kanker anak secara dini. Jadi sekali lagi anak adalah tunas bangsa, yang nanti mengganti para pimimpin kita di hari ini untuk itu peran kita juga yang harus menyiapkan para generasi penerus bangsa ini dengan baik untuk menyambut Indonesia emas,” ungkapnya. (AD)