80 Karung Sampah dan Lumpur Diangkut PPSU dari Saluran Jl. Kayu Manis Barat

Endapan lumpur dan sampah pada saluran mikro di Jalan Kayu Manis Barat RW 09 Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur dikuras petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Lurah Kayu Manis, Heru Suryono, mengatakan  saluran mikro di Jalan Kayu Manis Barat tersebut merupakan upaya rutin dalam mencegah genangan saat datangnya musim hujan.

"Sekitar 30 meter saluran mikro itu kita bersihkan, ketebalan lumpur dan sampah setinggi 25 bahkan 40 sentimeter kita bersihkan," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (7/11/2021).

Dijelaskan Heru, pengurasan dan pembersihan dilakukan dengan menggunakan cangkul dan cangkrang dengan hasil pengangkut sebanyak 80 karung sampah dan sedimen lumpur. Diharapkan, setelah dikuras, air di saluran ini dapat menampung air lebih banyak dan mengalir lancar, sehingga tidak meluap ke jalan.

"Warganya pun juga kita harapkan ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tidak membuang sampah pada saluran yang menyebabkan penyumbatan," tandasnya. (AJ)

Foto Dok. Kelurahan Kayu Manis