Cegah Flu Burung, Walikota Pimpin Sweeping Unggas Di Matraman

Dalam upaya mencegah penyakit flu burung, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin langsung sweeping unggas  di wilayah  Kelurahan Utan Kayu, Kecamatan Matraman, Kamis (24/3). Sweeping dilakukan terhadap unggas yang dipelihara di lingkungan pemukiman penduduk sesuai Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 4 Tahun  2007 tentang Pengendalian, Pemeliharaan dan Peredaran Unggas.

Sedikitnya 100 petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri dan Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur serta unit terkait lainnya dilibatkan pada kegiatan ini. Sebelum sweeping, para petugas yang terlibat melakukan apel di halaman Kantor Kelurahan Utan Kayu Selatan.

Walikota mengatakan, meskipun wilayah Jakarta Timur tidak ada kasus flu burung, namun pihaknya tidak mau mengambil resiko. Oleh sebab itu, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pencegahan yang bertujuan steril unggas penyebar virus H5N1.

“Kegiatan ini, bentuk mempersamakan persepsi dalam razia unggas. Meskipun di wilayah kita masih belum ada yang terindikasi virus H5N1. Maka saya atas nama Pemkot mengajak seluruh masyarakat untuk terus melakukan pencegahan dari virus H5N1, juga lakukan pola  hidup bersih,” kata Walikota.

Walikota melanjutkan, dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus flu burung tresebut, pihaknya mengakui, sangat direspon oleh masyarakat. Dirinya pun berharap penanganan flu burung berjalan maksimal dan wilayahnya terbebas dari virus mematikan tersebut.

“Saya bangga. Upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus flu burung ini sangat didukung masyarakat. Kalau semua wilayah di Jakarta Timur seperti ini saya yakin wilayah kita akan terbebas dari ancaman penyebaran viru mematikan ini,” imbuhnya.

Irwan, salah satu warga Kelurahan Utan Kayu mengatakan, meskipun hewan peliharanya yang di tertibkan oleh petugas dirinya tidak merasa rugi. Dirinya pun sangat mendukung  kegiatan pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.

“Disini saya dan temen-temen tidak merasa keberatan. Demi menjaga kebersihan saya mendukung adanya penertiban ini. Saya merasa senang biar sama-sama lingkungan ini juga ikut bersih dan sehat,” pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)