Pengerukan Waduk Aneka Elok Ditargetkan Rampung Akhir April 2016

Sudin Tata Air Jakarta Timur saat ini sedang melakukan pengerukan lumpur dan sedimen di waduk Aneka Elok yang berada di RW 09 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung. Pengerukan dilakukan karena waduk yang berada di kawasan Perumahan Aneka Elok tersebut sudah mengalami pendangkalan.

“Lewat pengerukan diharapkan daya tampung air waduk semakin banyak dalam upaya untuk mengatasi genangan,” kata Yose Rizal, Kepala Seksi Pemeliharaan, Sudin Tata Air Jakarta Timur, Senin (18/4).

Menurut Yose, waduk Aneka Elok yang mempunyai luas 18.774,41 m2 tersebut akan dikeruk kedalamnnya menjadi 1,9 meter. “Pengerukan untuk menambah daya tampung air. Nantinya akan mengatasi genangan di sekitar daerah Penggilingan,” kata Kasudin Tata Air Jakarta Timur Ahmad Yazied Bustomi.

Proyek pengerukan sendiri sudah dimulai pertengahan bulan Februari 2016 dan diharapkan rampung akhir bulan April. Saat ini selaian mengeruk sedimen juga dilakukan pembuatan turap di sisi kanan dan kiri waduk.

“Progres saat ini sudah sekitar 90 persen,” kata Yazied.

Untuk mencapai target yang ditetapkan, pekerjaan dilakukan siang dan malam. “Karena target akhir bulan, pengerjaan kita jadikan dua shift pagi sampai sore dilanjutkan sore hingga malam hari,” tukas Yazied. (Jonathan/Kominfomas JT)