Pemkot Ajukan 3 Kelurahan Sebagai Percontohan Penataan Kawasan Unggulan

Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, memimpin rapat koordinasi membahas rencana penataan wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, di Ruang Rapat Khusus Wali Kota, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (1/11/2022).

Dalam penataan kawasan unggulan di Jakarta Timur, yang menjadi arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI (Heru Budi Hartanto), mengusung lokasi percontohan di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Kayu Manis di Jalan Kayu Manis utara, gang Lontar 3 RT 003, RT 004, RT 006, RT 009, dan RT 010, RW 01, Kelurahan Jatinegara di Jalan Gergaji RW 01, dan Kelurahan Baru di Jalan H. Hasan RT 001/ RW 09.

“Tiga lokasi yang diusulkan yang akan ditinjau Pak Pj Gubernur, kita usulkan lewat Biro KDH (Kepala Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta), yaitu Kelurahan Kayu Manis, Kelurahan Jatinegara, dan Kelurahan Baru, ini kita prioritaskan, namun demikian tidak menutup kemungkinan 62 Kelurahan lainnya harus siap untuk dikerjakan dan dilaporkan setiap hari,” kata Kusmanto.

Penataan kawasan meliputi pengerukan lumpur, penghijauan, perapihan jalan,  hingga pembersihan sampah. Setiap Kelurahan telah mengusulkan lokasi-lokasi yang memang perlu ditata dengan baik dan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk penanganannya.

Dalam penataan itu, Kusmanto menyebutkan, yang menjadi prioritas adalah penanganan genangan atau banjir mengingat sudah memasuki musim penghujan juga penghijauan.

“Dengan adanya kegiatan ini, wilayah lebih tertata, terutama dalam menghadapi musim hujan kita sudah mulai siap, terutama saluran-saluran mikro yang ada di lingkungan masyarakat,” pungkasnya. (AD)