Wali Kota Pimpin Aksi Kebersihan di Area Embung Dato Tonggara Kramat Jati

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin (AKMP) Aksi Kebersihan Minggu Pagi di lingkungan area Embung Dato Tonggara, Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (4/12/2022).

Kegiatan yang diawali dengan apel kebersihan itu diikuti 150 personil gabungan terdiri dari Satgas Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, Pertamanan dan Hutan Kota, PPSU, Satpol PP, Gulkarmat, KPKP, Sudin Lingkungan Hidup dan masyarakat.

Untuk pengerukan lumpur dan sampah di embung digunakan alat berat jenis excavator standar dan satu unit pompa stasioner berkapasitas 300 liter per detik serta 10 truk.

"Hari ini kita lakukan kerja bakti sekaligus penanaman pohon di area embung ini. Sedikitnya ada 50 pohon pelindung ditanam guna menanggulangi banjir dan menata kawasan agar lebih asri dan bersih," kata Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota mengungkapkan, kerja bakti dilakukan dalam rangka menambah kapasitas daya tampung embung guna mengantisipasi terjadinya genangan di wilayah RW 11 Kelurahan Kramat Jati. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan langganan banjir terutama saat air kiriman dari Bogor melimpah.

"Mudah-mudahan, dengan kegiatan ini warga bisa semakin nyaman. Ketika terjadi hujan lokal dan ada kiriman debit air yang tinggi dari Bogor melalui kali Cipinang, pemukiman warga tidak tergenang lagi," pungkasnya. (AJ)