Wali Kota Jakarta Timur Tinjau Penataan Kawasan di RW 07 Penggilingan

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau penataan kawasan unggulan, di RW 07, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (23/12/2022).  Penataan dilakukan sepanjang 1,2 kilometer yang berdampingan langsung dengan Kali Buaran.

Dalam peninjauan, Wali Kota menjelaskan, wilayah RW 07 Kelurahan Penggilingan sedang melakukan penataan kawasan sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk menata kawasan agar tertata, bersih, dan sehat.

“Sesuai program Pj Gubernur, melakukan penataan kawasan yang kelihatannya kumuh atau yang kurang enak dipandang. Supaya ada peningkatan lingkungan yang baik, perilaku masyarakatnya tidak buang sampah sembarangan,” kata Wali Kota.

Penataan itu diharapkan membantu menyejahterakan masyarakat karena akan dibangun berbagai fasilitas. Seperti balai warga, kios Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), urban farming, serta sarana dan prasarana pendukungnya seperti trotoar, tempat sampah pilah, hingga bangku taman untuk interaksi warga. Konsep nuansa Budaya Betawi dipilih menjadi tema penataan.

“Sesuai yang kita harapkan bersama, ramah lingkungan, nuansanya Betawi, jadi ornamen-ornamen Betawi. Jadi kita tidak menghilangkan leluhur kita, karena ini Jakarta nuansanya Betawi, pos RW-nya, UMKM-nya, termasuk kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Syahroni, yang merupakan warga setempat dan salah satu penggerak penataan kawasan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota beserta jajarannya atas kolaborasi tersebut.

“Ternyata kita bisa, kali tidak selalu kumuh, kita bisa membuat kali itu menjadi tertata rapi. Jadi, kalau sore masyarakat bisa berinteraksi, ada tempat yang nyaman dan indah,” imbuhnya. (AD)