Taman Cilangkap Sejuk, Penampung Limpahan Air Hujan yang Ramah Difabel

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur secara masif membangun ruang publik yang tak hanya menjadi tempat interaksi warga tapi juga memiliki fungsi tak kalah pentingnya, salah satu pengendali banjir.

Inilah juga fungsi dari Taman Cilangkap Sejuk, taman yang terletak di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung. Taman seluas 4.900 meter persegi itu tak hanya ditumbuhi berbagai macam tanaman tapi juga sebagai penampung limpahan air hujan.

“Taman ini mengusung konsep integrasi ruang terbuka hijau dan biru. Kolam retensi di sini merupakan unsur utama taman, yang berfungsi sebagai penampung limpahan air hujan,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin dalam perbincangan dengan tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Taman tak hanya menawarkan berbagai keindahan dengan hamparan rerumputan hijau tapi juga fasilitasnya. Beberapa sudah dilengkapi, seperti contohnya, sarana bermain anak dan ruang serbaguna.

“Selain menawarkan pemandangan yang indah, taman ramah difabel ini dilengkapi dengan sarana hiburan untuk warga seperti area bermain anak, plaza, view deck, dan bangunan serbaguna,” imbuh Djauhar.

Taman ini dapat diakses melalui Jalan Raya Cilangkap lewat Gang Sejuk. Akses termudah masuk melewati gang Gereja HKBP Cipayung Cilangkap.

“Ini sudah dibuka untuk umum, hanya masih belum diresmikan aja dari Dinas Pertamanan Provinsi DKI Jakarta,” tandasnya. (JS)