Untuk Kurangi Dampak Banjir, Pembangunan Embung Cipayung Disambut Baik Warga

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membangun waduk seluas 5.000 meter persegi demi atasi genangan atau banjir di RW 03 Kelurahan Cipayung.

Jakarta Timur, (16/5/2023) - Warga di RW 03 Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur, dapat bernapas lega karena keinginan mereka memiliki embung sebagai antisipasi genangan atau banjir akan segera terwujud. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sedang melakukan pembangunan embung seluas 5.000 meter persegi di wilayah tersebut.

Menurut Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, saat peninjauan ke Embung Kelurahan Cipayung, Selasa (16/5/2023), embung dibangun di lahan milik Milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Kedalaman embung yang dibangun Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur mencapai lima meter dan ditargetkan rampung dalam tiga bulan.

“Pembuatan Embung dalam rangka mengurangi genangan yang terjadi di RW 03 Kelurahan Cipayung yang memang jika intensitas hujan tinggi 10 RT tergenang. Mudah-mudahan dibuatkannya embung di sini, bisa menyelesaikan permasalahan genangan yang terjadi dilingkungan warga,” kata Walikota.

Selain embung, Walikota juga mengatakan, Pemkot akan melanjutkan pembuatan sumur resapan agar benar-benar tidak ada lagi genangan di wilayah RW 03. Di sisi lain, embung juga akan dimanfaatkan untuk menjadi destinasi wisata.

“Harapan saya jika sudah masuk musim penghujan, minimal bisa bermanfaat untuk warga terlebih dahulu mengurangi genangan. Kedepan jika sudah berfungsi dengan baik akan kita kembali pikirkan untuk mempercantik waduk tersebut sebagai salah satu destinasi wisata baru dan sebagainya,” ucapnya.

Ketua RW 03 Kelurahan Cipayung, Abdul Sitem, mengaku bersyukur aspirasi warga akhirnya didengarkan. Ia mengakui sudah lama warga mengajukan permohonan pembuatan embung atau waduk.

“Alhamdulilah akhirnya aspirasi kami didengar oleh bapak Wali Kota Administrasi Jakarta dan hari ini ditinjau pelaksanaan pembuatan embung. Kami akui di wilayah RW 03, di 10 RT, saat hujan deras dan cukup lama misalkan 2-3 jam, maka akan terjadi genangan,” jelasnya.

Terwujudnya permohonan itu, Abdul Sitem memberi ucapan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh jajarannya. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Walikota Jakarta Timur, bapak Camat Cipayung serta ibu Lurah Cipayung yang telah membantu meneruskan aspirasi sehingga kegiatan pembuatan embung terlaksana. Selain itu, Bapak Walikota sudah menginstruksikan akan dibuatkan juga sumur resapan dalam agar benar-benar wilayah kami tidak ada lagi genangan ketika hujan intensitas tinggi,” tandasnya. (JS)