700 Warga Ikuti Sosialisasi Manfaat dan Program BPJS Ketenagakerjaan di Kramat Jati

Sebanyak 700 warga mengikuti Sosialisasi Manfaat dan Program BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Kelurahan Kramat Jati.

Jakarta Timur, (15/6/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri Sosialisasi Manfaat dan Program BPJS Ketenagakerjaan di Aula Bale Gede Kantor Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023) malam. Sosialisasi total diikuti 700 warga, perangkat RT dan RW se-Kecamatan Kramat Jati.

Sosialisasi digelar selama 3 hari dan sudah berlangsung sejak Senin, 11 Juni hingga Rabu, 13 Juni 2023. Di hari terakhir, ada tiga kelurahan yang ikut dalam sosialisasi yakni Kelurahan Dukuh, Kelurahan Balekambang dan Kelurahan Batu Ampar.

“Mudah-mudahan dari para pengurus RW dan RT di wilayah Kecamatan Kramat Jati, mau ikut serta dan bergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan,” kata Walikota.

Walikota mengatakan, sosialisasi bagi warga sangat bermanfaat karena mengetahui manfaat dan kewajiban. Semisal iuran tiap bulan sebesar Rp16.800 dan lain-lainnya.

“Ternyata (warga) hanya tahu BPJS saja, tetapi belum tahu manfaat atau kewajibannya. Jadi, yang bergabung membayar iuran setiap bulan hanya Rp16.800 dan jika terjadi kecelakaan kerja atau kematian mendapatkan Rp42 juta dan mempunyai anak sampai anak kedua dijamin sampai sarjana,” terang Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga berharap para petugas marbot masjid dan petugas kebersihan di lingkungan RW bisa diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan. Walikota mengusulkan, uang pembayaran premi bisa didapatkan dari hasil swadaya masyarakat atau corporate social responsibility (CSR).

“Agar para pekerja rentan tersebut bisa bekerja dengan baik dan terlindungi dalam kegiatan pekerjaannya. Jadi, saya harapkan para pengurus RT, RW, bisa mengikutsertakan para pekerja, yang saya sebutkan tadi bisa bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Walikota yang didampingi Camat Kramat Jati Igan Muhammad Faisal, dan para Lurah se-Kecamatan Kramat Jati, serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Cep Nandi Yunandar.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Cep Nandi Yunandar menjelaskan, sosialisasi merupakan hasil bentuk kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger dan Kecamatan Kramat Jati dalam rangka membantu para pekerja rentan di Jakarta Timur. Harapannya, agar mereka dapat bergabung di BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami memberikan apresiasi kepada RW 04 Kelurahan Dukuh warga yang mampu, mau berdonasi untuk membantu membayarkan premi setiap bulan kepada para pekerja di lingkungannya, seperti marbot masjid, tukang sampah, tukang jualan keliling, ojek dan sebagainya,” ungkap Cep Nandi yang berharap wilayah lain mengikuti jejak RW 04 Kelurahan Dukuh. (JS)