Respon Cepat Usulan Musrenbang, Saluran Air di RW 01 Ceger Rampung Dikerjakan

Saluran air sepanjang 900 meter di RW 01 Kelurahan Ceger yang rampung dibangun membuat warga tidak was-was lagi adanya genangan. 

Jakarta Timur, (15/6/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP) rampung membangun saluran air sepanjang 900 meter yang melintasi RT 02, 03, 04, 07 dan 08 di RW 01 Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Pembangunan saluran yang berlangsung sejak Mei lalu sudah rampung pada Senin, 12 Juni lalu.

Kepala Seksi Perencanaan dan Sudin PRKP Kota Administrasi Jakarta Timur, Utami Widianingsih mengatakan, pembangunan saluran air di RW 01 Ceger itu merupakan tidak lanjut usulan warga melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023. Sebelumnya, lokasi tersebut masuk kategori kurang terawat sehingga pembuatan saluran air dilakukan oleh Sudin PRKP. 

“Pembangunan saluran air di RW 01 Ceger ini sebenarnya menggantikan kondisi eksisting yang tidak berfungsi normal. Warga mengeluhkan sering terjadi genangan saat musim hujan makanya langsung kita tindak lanjuti usulan warga tersebut,” kata Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jakarta Timur, Utami Widianingsih, Kamis (15/6/2023).

Saluran air yang dibangun menggunakan beton u-ditch ukuran 30x30, 40x40, 60x60 sentimeter dikoneksikan dengan saluran penghubung (Phb) yang ada di pinggir tol Jagorawi. Kendati secara fisik sudah rampung 100 persen, namun pihak PRKP masih melakukan penyempuranaan agar kondisinya berfungsi maksimal dan ditargetkan rapi pekan ini. 

Sementara Ketua RW 01 Kelurahan Ceger, Yanto Sudarto, mengungkapkan apresiasi kepada Sudin PRKP yang merespon cepat usulan warga. Ia berterima kasih karena saluran air yang sebelumnya tidak berfungsi karena sedimentasi kini sudah kembali normal. Dengan selesainya pembuatan saluran air baru ini, kini warga tidak lagi merasakan was-was akan timbulnya genangan saat musim hujan. 

“Kami sangat berterimakasih karena usulan Musrenbang tahun ini dikerjakan tahun ini juga. Setelah dipasang saluran air, kita berharap secepatnya, jalanannya juga diaspal agar terlihat lebih rapi dan nyaman,” ucap Yanto. (JS)