Empat Kecamatan di Jakarta Timur Vaksinasi Rabies 298 Anabul 

Jakarta Timur, (13/7/2023) – Demi pencegahan dan penularan penyakit rabies, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Timur (Sudin KPKP) terus melakukan vaksinasi rabies di wilayah Jakarta Timur. Seperti yang dilakukan Sudin KPKP di empat kecamatan yakni Kecamatan Matraman, Kecamatan Pulogadung, Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Duren Sawit, Rabu (12/7/2023). 

Ada sebanyak 298 anak bulu (anabul) yang mendapatkan vaksinasi rabies. Vaksinasi ini diharapkan diikuti seluruh warga yang memiliki hewan peliharaan, terutama Hewan Penular Rabies (HPR). 

“Total HPR yang dilakukan vaksinasi dari empat kecamatan yaitu sebanyak 298 ekor. Kami terus akan melaksanakan hingga hari Jumat (14/7/2023) ini, agar memastikan hewan peliharaan di wilayah Jakarta Timur bebas dari penyakit rabies,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Timur, Ali Nurdin. 

Dari 298 anabul, vaksinasi yang tersebar di empat lokasi, rinciannya yaitu 27 ekor kucing dan 3 ekor anjing divaksinasi di RW 03 Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman. Di RW 09 Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Pulogadung terdapat 28 ekor kucing dan 36 ekor anjing yang divaksinasi. 

Sementara itu, di RW 03 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, ada 40 ekor kucing dan 5 ekor anjing yang divaksinasi. Terakhir vaksinasi di halaman Kantor Kecamatan Duren Sawit terdiri dari 106 ekor kucing dan 52 ekor anjing, dan 1 ekor musang. 

Ali Nurdin berharap, semua hewan peliharaan di Jakarta Timur yang dimiliki warga mendapatkan vaksinasi rabies.

“Seluruh warga Jakarta Timur dapat memanfaatkan momen ini, karena kami memberikan vaksinasi rabies ini gratis atau tidak dipungut biaya. Silahkan menghubungi Satpel (Satuan Pelaksana) Kecamatan Sudin KPKP di masing-masing kecamatan di wilayah Jakarta Timur atau lihat di medsos Instagram @sudinkpkp.jaktim,” ungkapnya. (JS)