151 HPR Divaksinasi Rabies Gratis di 3 Kecamatan

Jakarta Timur, (17/7/2023) – Dalam upaya pencegahan penyakit rabies di masyarakat, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur terus melakukan vaksinasi terhadap Hewan Penular Rabies (HPR). Vaksinasi ini kembali dilakukan di tiga kecamatan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, Senin (17/7/2023), yakni di Kecamatan Matraman, Makasar dan Cipayung.

Total ada 151 ekor HPR yang mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi yang dilaksanakan di Kecamatan Cipayung, yakni di Sekretariat RW 05 Kelurahan Bambu Apus dilakukan terhadap 87 ekor HPR (70 kucing dan 17 anjing). 

Vaksinasi di Kecamatan Makasar yang dilakukan di Sekretariat RW 01 Kelurahan Pinang Ranti dilakukan terhadap 45 ekor HPR (44 kucing dan 1 monyet). Sementara di Sekretariat RW 05 Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Makasar, ada 19 ekor kucing yang mendapatkan vaksinasi rabies. 

Kepala Sudin KPKP, Ali Nurdin berharap, dengan adanya vaksinasi rabies dapat mencegah terjadinya penularan penyakit rabies di wilayah Jakarta Timur “Semoga dengan rutinnya kita lakukan vaksinasi rabies mencegah terjadinya penularan rabies dan bisa mencapai zero rabies di Jakarta Timur,” katanya. 

Ia juga mengimbau, warga masyarakat yang memiliki HPR untuk mengikuti vaksinasi rabies yang disediakan Sudin KPKP. “Saya imbau masyarakat selalu mengecek medsos kami atau hubungi Kasatpel di masing-masing kecamatan informasi kegiatan vaksinasi rabies, karena kami berikan secara gratis,” tandasnya. (JS)