350 Petugas Diterjunkan Bersihkan Lumpur Di PHB Jalan Pemuda

Sebanyak 350 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari seluruh kelurahan di Kecamatan Pulogadung, bersama petugas Sudin Kebersihan, Sudin Tata Air, Sudin Bina Marga, Sudin Pertamanan dan Pemakaman, diterjunkan untuk membersihkan sampah dan lumpur di kawasan Jalan Pemuda Raya, RT 010/RW 03 Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Minggu (15/5). Sebelum melakukan aksi kebersihan Minggu pagi (AKMP) ini, para petugas mengikuti apel yang dipimpin Sekretaris Kota Jakarta Timur Junaidi, di halaman rumah makan Soerabi Bandung yang ada dekat lokasi.

Kerja bakti difokus membersihkan lumpur yang berada di saluran PHB Pemuda Sisi Utara, Kelurahan Rawamangun, berada tepat di depan rumah makan Soerabi Bandung. “Kerja bakti difokuskan pada pengangkatan sedimen lumpur yang tingginya kurang lebih mencapai 10 cm. Tumpukan lumpur ini menyebabkan aliran PHB mampet,” kata Junaidi.

Di hadapan , PHL Sudin Pertamanan, Sudin Kebersihan, PHL Sudin Tata Air, bersama Pejabat Pemkot Jaktim, para Lurah dan Camat Pulogadung yang hadir, Junaidi berharap kerja bakti ini dapat rutin dilakukan. “Saya berharap ada tindak lanjut untuk pengangkatan sedimen lumpur setiap minggunya, agar waktu hujan tidak terjadi genangan di sekitar kawasan Rawamangun,” kata Junaidi.

Pada kesempatan yang sama, PHL Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur juga melakukan pemangkasan pepohonan yang mulai rimbun  di sepanjang  Jalan Pemuda Raya, sekitar lokasi kerja bakti. Pemangkasan tersebut bertujuan  untuk menghindari ranting dan batang pohon yang telah rimbun menimpa pengguna jalan saat tertiup angin kencang.

“Pepohonan yang terlalu rindang dipangkas habis demi keamanan dan kenyamanan penguna lalu lintas, serta  kabel listrik dan kabel milik Telkom tidak terganggu oleh ranting pohon dan daun yang lebat yang bisa mengakibatkan label putus jika angin kencang bisa sehingga menimpa pengendara di kawasan Jalan Pemuda,” kata Junaidi. (Jonathan/Kominfomas JT)