Pemkot Jakarta Timur Refungsi Aliran Air Kali Petukangan Rawa Terate

Jakarta Timur, (24/8/2023) – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur melakukan refungsi Kali Petukangan di Jalan Rawa Kepiting RW 06 Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Kamis (24/8/2023).

Refungsi dilakukan setelah adanya peninjauan di Kali Petukangan. Terdapat penanggulan aliran Kali Petukangan oleh PT. Sumber Mitra Jaya yang peruntukan sebagai jembatan, tetapi belum memiliki perizinan dari Dinas Binamarga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta .

Dibawah pimpinan Asisten Perkonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup  Kota Jakarta Timur, Kusmanto, Pemkot menurunkan satu unit wheel excavator milik Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur, guna menormalkan kembali aliran air Kali Petukangan.

“Ini menindaklanjuti dari keluhan warga RW 06 Rawa Terate dan hari ini kita tinjau dan harus dilakukan refungsi aliran Kali Petukangan,” tegas Kusmanto.

Menurutnya, langkah itu dilakukan selain penegakan aturan daerah juga bagian edukasi bagi pengembang untuk tetap berkoordinasi kepada Pemerintah salah satunya penyelesaian perizinan.

“Ini bagian menyelamatkan dan memberikan kenyamanan bagi warga. Terdapat empat RT, di antaranya RT 01, 04, 010 dan 012 di lingkungan RW 06 Kelurahan Rawa Terate. Jika tidak direspon cepat, khawatir dari kemarau panjang ini adanya hujan lebat yang tidak diinginkan dan terjadinya banjir,” imbuhnya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto, menambahkan selain merefungsi aliran air, pihaknya juga akan lakukan pengerukan sedalam 1 hingga 1,5 meter Kali Petukangan.

Sementara itu, LMK RW 06 Kelurahan Rawa Terate, Sunarto, mengaku senang adanya respon cepat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur untuk merefungsi kembali Kali Petukangan.

“Apalagi nantinya ada pengerukan kali tersebut menjadikan aman dari banjir saat musim penghujan,” ucapnya. (AJ)