Kelurahan Ceger Bersiap Menangkan Lomba Tita Madu

Jakarta Timur, (29/8/2023) – Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, bersiap menghadapi Lomba Timur Tanam Labu Madu (Tita Madu) 2023 tingkat Kota Jakarta Timur. Kelurahan Ceger memiliki 18 pohon labu madu yang akan menjadi andalan mereka dalam lomba tersebut. 

Pohon-pohon tersebut ditanam di lahan seluas 80 meter persegi oleh kader PKK RW, kelurahan, dan para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum  (PPSU), serta jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur. 

Lokasinya berada di RT 02 RW 05 Kelurahan Ceger. Kepala Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Kasatpel KPKP) Kecamatan Cipayung, Nur Hikmah, mengatakan tanaman labu madu di RT 02 RW 05 Kelurahan Ceger merupakan bagian dari kelas berkebun yang diprogramkan oleh Sudin KPKP Jakarta Timur. 

“Kelurahan Ceger ini mewakili Kecamatan Cipayung dalam Lomba Tita Madu tingkat kota Jakarta Timur.  Kita lakukan pembinaan secara kontinyu pada kelompok tani yang ada di lahan pertanian RW 05 Ceger,” kata Nur Hikmah, Selasa (29/8/2023).

Budidaya labu muda di Kelurahan Ceger dimulai sejak 16 Juni lalu dan direncanakan akan panen pada Oktober mendatang. Setiap pohon menghasilkan 2-4 buah labu. 

Lurah Ceger, Suratno menambahkan, setiap hari tanaman labu madu ini dirawat oleh kader PKK Kelurahan dan kelas berkebun Sejahtera RW 05. Dalam pengelolaannya, mereka dibantu PPSU kelurahan. 

“Dengan adanya kolaborasi seperti ini maka tanaman akan terawat dengan baik. Saya optimis kelurahan Ceger akan memenangkan lomba Tita Madu tingkat kota Jakarta Timur,” ungkapnya. (JS)