Walikota Memastikan Progres Pekerjaan Waduk Berjalan Baik Jelang Musim Penghujan

Jakarta Timur, (5/9/2023) – Jelang datangnya musim penghujan di akhir tahun, Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan tiga waduk di wilayah Kecamatan Cipayung, Jumat (5/9/2023). Ketiga waduk yakni Waduk Cipayung, Waduk Pondok Ranggon 3 dan Waduk TIU.

Dari hasil pemantauan, ketiga waduk masih dalam proses pengerjaan. Waduk Cipayung baru mencapai 80 persen pengerjaan. 

Waduk Pondok Ranggon 3 yang juga menjadi fokus peninjauan Walikota masih tahap penyelesaian. Sementara Waduk TIU dalam proses pengerjaan turap dan pendalaman waduk. 

Pengerjaan waduk ini, dijelaskan Walikota, agar waduk berfungsi dengan baik saat musim hujan datang. “Hal ini dilakukan untuk persiapan menjelang musim penghujan agar waduk berfungsi dengan baik sehingga mencegah genangan dan banjir di wilayah Jakarta Timur,” kata Walikota.

Dalam proses peninjauan yang didampingi Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Cipayung Yulian Fathiniah, Lurah Pondok Ranggon Jenuri, dan Lurah Setu Dwi Widiastuti, serta Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Cipayung Dian, Walikota berharap tak hanya ketiga waduk. Dia berharap semua waduk yang ada di Jakarta Timur berfungsi normal. 

“Saya berharap seluruh waduk di Jakarta Timur berfungsi dengan baik, dan dari Sudin SDA (Suku Dinas Sumber Daya Air) perlu mengecek kedalaman waduk apakah sudah dangkal, perlu dilakukan pengerukan agar disaat hujan bisa menampung debit air yang masuk ke waduk,” jelasnya. (JS)