Walikota Tebar 25 Ribu Bibit Ikan Di Waduk Elok

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana bersama Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Darjamuni, secara simbolis melakukan penebaran benih ikan (restocking) di perairan umum Waduk Aneka Elok RT 003/RW 09 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jumat (20/5). Ada 25 ribu ekor benih ikan yang ditebar, terdiri dari 20 ribu ekor ikan Nila Gift dan 5 ribu ekor ikan mas.

Walikota mengatakan, kegiatan ini ini sebagai upaya untuk menjadikan fungsi waduk lebih baik lagi. Terutama menjadikan waduk Aneka Elok yang luasnya mencapai dua hektare tersebut sebagai destinasi wisata air bagi warga sekitar.

“Kegiatan aksi penebaran benih ikan ini bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman ikan dan meningkatkan produktivitas perairan umum. Diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar sebagai salah satu sarana rekreasi seperti pemancingan. Serta lahan perairan yang potensial bagi pemenuhan  kebutuhan protein masyarakat,” kata Walikota.

Walikota berharap, selain salah satu sarana rekreasi seperti pemancingan serta lahan perairan yang potensial pemenuhan bagi kebutuhan protein masyarakat. ”Ini merupakan suatu bentuk tindak lanjut permintaan Pak Gubernur saat meresmikan RPTRA kemarin bahwa waduk dan embung yang telah dibuat untuk disebar benih ikan yang nantinya diharapkan  bisa di konsumsi masyarakat agar mencapai gizi yang tinggi,” tambahnya.

Untuk menjaga kelestarian perairan, Walikota berpesan, agar tidak boleh menebar jala untuk menangkap ikan. “Tindakan yang diperbolehkan hanya dengan cara memancing nantinya. Itupun juga kalo sudah memasuki bulan ke empat,” tuturnya.

Walikota melanjutkan, sebanyak 20 ribu ekor yang disebar tersebut merupakan benih ikan jenis Nila Gift dan Ikan Mas yang berukuran 5-8 dan 8-12  centimeter yang merupakan hasil produktifitas Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta. ”Ikan Nila dipilih karena memiliki kemampuan hidup yang cukup baik di perairan dengan kekeruhan yang cukup tinggi seperti diperairan Penggilingan ini,” jelasnya.

Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, di wilayah Jakarta Timur akan dilakukan kembali penyebaran benih ikan di tempat perairan yang telah dibuat. ”Akan kita lakukan penebaran benih ikan kembali nantinya di 12 titik waduk dan embung serta setu antara lain di Halim, Kelurahan Setu, Cilangkap dan lainnya," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)