Walikota Jakarta Timur Tinjau Pembangunan Turap di Waduk Pekayon

Jakarta Timur, (12/9/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan pembangunan turap di Waduk Pekayon, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (12/9/2023). 
Untuk pembangunan turap yang dibangun mencapai panjang 750 meter dengan tinggi 2,5 meter. Sementara Waduk Pekayon sendiri memiliki luas keseluruhan 1,6 hektare, 1,4 hektare luas basah dan 2 hektare lahan keringnya. 

“Pembangunan Waduk Pekayon ini sangat bagus karena bisa mencegah genangan yang berada di RW 01, RW 02, RW 03, dan RW 09 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo,” kata Walikota. 

Walikota yang didampingi Perwakilan Sudin SDA Jakarta Timur Metta, Camat Pasar Rebo Mujiono dan Lurah Pekayon Mesrarianita mengungkapkan, dengan adanya Waduk Pekayon harapan warga agar wilayahnya tidak tergenang bisa terwujud. 

“Harapannya, dari warga masyarakat Waduk Pekayon tersebut bisa menampung air disaat musim hujan sehingga mencegah genangan di lingkungan warga,” jelasnya. 

Walikota menambahkan, selain pembangunan turap, pengerukan kedalaman Waduk Pekayon terus dilakukan hingga memiliki kedalaman mencapai 5 meter. 

“Waduk awalnya hanya mempunyai kedalaman dua meter, tetapi sedang dilakukan pengerukan lagi, hingga mencapai 5 meter. Selain itu, akan ada pembangunan fasilitas Waduk Pekayon, jogging track dan area taman serta area bermain anak,” ungkapnya. 

Selain sebagai pengendali banjir, Waduk Pekayon diharapkan juga menjadi penampung air disaat musim kemarau. “Disaat musim kemarau, warga sekitar waduk diharapkan tidak kekeringan, serta yang paling diinginkan yaitu dapat menjadi sarana interaksi warga, olahraga dan destinasi wisata disekitar,” tandasnya. (JS)