Walikota Jakarta Timur Tinjau Perbaikan Infrastruktur di 3 Kecamatan

Jakarta - Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar, melakukan peninjauan terhadap sarana infrastruktur kota di tiga kecamatan. Peninjauan merupakan bagian program prioritas dalam persiapan percepatan penanggulangan banjir jelang musim penghujan, Selasa (21/11/2023). 

Peninjauanya diawali pada perbaikan turap saluran penghubung (Phb) Waduk Ria Rio, Kecamatan Pulogadung. Lalu dilanjutkan pada peninjauan pembangunan pedestrian di Jalan Laut Arafuru serta pembangunan jembatan saluran Phb, Jalan Robusta di wilayah Kecamatan Duren Sawit. Sedangkan peninjauan infrastruktur lainya dilakukan dalam perbaikan turap saluran Phb Aneka Elok Kecamatan Cakung. 

“Hari ini kita tinjau dari berbagai perbaikan sarana kota dalam mengantisipasi banjir dari musim penghujan. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik namun harus adanya percepatan dimulai dari pengerukan perbaikan turap atau dinding saluran, sehingga saat datangnya hujan tidak ada genangan,” kata Walikota kepada Sudin Kominfotik. 

Lebih lanjut dikatakan Walikota, pihaknya menyambut baik adanya perbaikan pedestrian disepanjang Jalan Laut Arafuru Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit. Selain keindahan juga lingkungan tersebut lebih tertata rapi. 

”Ini menjadi wajah baru yang memberikan kesan estetik,” tambahnya. 

Walikota juga menjelaskan mengenai pembangunan perbaikan turap saluran Phb Aneka Elok di kelurahan Penggilingan, yang telah 75 persen dikerjakan. Menurutnya, dengan kedalaman 80 sentimeter (cm), tinggi turap 2 meter, sepanjang 200 meter dapat dirasakan manfaatnya sebagai pencegahan luapan banjir saat datangnya musim penghujan. 

“Semuanya ini dilakukan atas kebutuhan warga yang diprioritaskan sebagai program Pemkot Jakarta Timur. Semoga ini dapat bermanfaat besar dalam memberikan kenyaman bagi warga di Jakarta Timur,” imbuhnya. 

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Ipit Puwanto, mengaku senang dan bersyukur adanya pembangunan Jembatan Robusta yang selama bertahun tahun dikeluhkan warga saat datangnya musim penghujan. 

“Kami mewakili warga Kelurahan Pondok Kopi berterima kasih adanya pembangunan jembatan ini. Ini menjadi solusi bagi warga RW 06 dan 07 dan akses ke Puskesmas dari ancaman banjir,” ujarnya. 

Dilokasi berbeda Koiman, Ketua RW 09 Kelurahan Penggilingan.  Ia menyampaikan terima kasih kepada Walikota Jakarta Timur yang terus terjun kelapangan untuk mendengar langsung keluhan warganya. Utamanya, berbagai kendala lingkungan yang dibutuhkan hingga beragam permberdayaan dan penghijauan lingkungan. 

“Kami warga RW 09 Penggilingan berterima kasih banyak atas kunjungan Pak Walikota. Ini cukup menggembirakan dan memotivasi kami untuk menjaga dan merawat bersama kenyamanan lingkungan agar nyaman dan aman,” ucapnya. (AJ)