Guna Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pembangunan Puskesmas di Kawasan Tanah Merah Tetap Dikerjakan

Jakarta Timur, (22/11/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kawasan Perumahan Tanah Mas RW 01, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Puskesmas akan dibangun memanfaatkan lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seluas 750 meter persegi. 

Rencana pembangunan diungkapkan langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, usai memimpin Apel Kesiapsiagaan dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di halaman Kantor Walikota, Selasa (21/11/2023) sore. 

“Tetap lanjut, saat ini sudah mulai pengeboran tanah, dan itu bukan RTH (Ruang Terbuka Hijau) warga,” kata Walikota. 

Adanya penolakan warga Perumahan Tanah Mas RW 01 terkait rencana pembangunan Puskesmas yang berdiri di lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Walikota menjelaskan, lahan tersebut merupakan aset Pemprov DKI Jakarta yang harus dijaga. Lahan tersebut, sebelumnya dialihfungsikan untuk parkir mobil warga. 

“Tapi itu digunakan parkir mobil selama ini, itu kan aset, nanti saya bermasalah dengan audit BPK. Namanya aset itu ada hitungannya, tidak bisa aset itu digunakan orang lain tidak jelas. Intinya, Puskesmas itu dibutuhkan bersama untuk pelayanan kesehatan warga jadi kami harus mengakomodir,” paparnya.

Namun demikian, Walikota juga memastikan adanya pembangunan Puskesmas itu agar tidak mengganggu aktivitas warga sekitar.

”Kalau masalah kemacetan nanti kami buat satu arah jalurnya dan kedua parkir kita buat mezanin (bertingkat), yang jelas kami perhatikan lingkungan, mari bersama kita pikirkan kebutuhan bersama,” tandasnya. (AJ)