Kantor Lurah Pal Meriam Kembali Berfungsi Setelah Rehab Berat 

Jakarta Timur, (19/12/2023) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, meresmikan hasil renovasi sekaligus tasyakuran Kantor Lurah Pal Meriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (19/12/2023). 

Wakil Walikota menjelaskan, rehab berat Kantor Lurah Pal Meriam sesuai dengan target yang direncanakan, yakni dalam waktu 4 bulan. Selama rehab, pelayanan Kantor Lurah Pal Meriam ditempatkan di Kantor Balai Pustaka, Jalan Bunga, Kelurahan Pal Meriam. 

“Hari ini masih dalam koridor waktu di bulan Desember, ini sudah bisa digunakan oleh Pak Lurah bersama jajaran dan untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan,” katanya. 

Ia menyebutkan setiap sisi bangunan Kantor Lurah Pal Meriam sudah difungsikan kembali? tentunya dengan bangunan yang baru dengan 4 lantai. Beberapa fasilitas yang ada juga kian bagus, sehingga pelayanan untuk masyarakat sangat memadai, seperti sudah beroperasinya Pelayanan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

“Harapannya pastinya sebuah kantor ini digunakan aktifitas setiap hari oleh teman-teman di kelurahan dan juga masyarakat.  Mohon dijaga, karena kantor ini adalah milik Pemerintah, aset Pemerintah, dan digunakan untuk dukungan aktivitas masyarakat artinya kantor ini milik bersama secara tidak langsung adalah kita harus menjaga baik dari sisi kebersihan, sisi keamanan aset, kemudian tertib penggunaan barang,” ungkapnya. 

Sementara itu, Lurah Pal Meriam, Setiawan, menjelaskan pada 2021 mengusulkan untuk rehab berat lantaran beberapa fasilitas sudah usang. Kemudian pada 2022 dilakukan perencanaan, dan di 2023, sejak Agustus lalu dilaksanakan rehab berat dengan anggaran kurang lebih 3,8 miliar rupiah. Ia menyebutkan saat ini sudah beroperasi yakni PTSP, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), kemudian beberapa struktural Kelurahan Pal Meriam sudah beroperasi, hanya beberapa yang masih beroperasi di Kantor Balai Pustaka seperti operator dan penyeleksian Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP). 

“Harapan kami bangunan ini sudah menambah fasilitas menjadi penyemangat kami dalam melayani masyakat, bisa membantu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya. 

Di sisi lain, B Mudiyanto, Ketua RW 010 Kelurahan Pal Meriam, menyampaikan usainya rehab kantor Lurah Pal Meriam dapat menyemangati masyarakat untuk mengurus segala administrasi dan lainnya, dan juga menjadi kebanggaan masyarakat Kelurahan Pal Meriam. 

“Setelah selesainya pemugaran kantor kelurahan ini, kelihatannya antusias para pengurus RW lebih semangat untuk mengimbau warganya yang ingin membuat surat-surat segala macam surat yang dipergunakan kepribadian masing-masing, dengan direnovasinya kantor kelurahan ini lebih baik dari sebelumnya,” jelasnya. (AD)