Ratusan Bibit Cabai Rawita Ditanam di Lahan Masjid Al-Fida Halim Perdanakusuma

Jakarta Timur, (9/1/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan penanaman cabai di halaman Masjid Al-Fida di Komplek Angkasa Lanud Halim Perdanakusumah, Kelurahan Halim Perdanakusumah, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Selasa (9/1/2023). 

Tercatat 200 pohon cabai jenis Rawita ditanam di lahan seluas 500 meter yang berada di halaman Masjid Al-Fida. Ini dilakukan sebagai bagian dalam menggiatkan penghijauan produktif dengan pemanfaatan ruang atau lahan yang dijadikan untuk pertanian perkotaan atau urban farming.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga memberikan pupuk organik yang diterima langsung Perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid Al-Fida Sigit.

“Alhamdulillah, kita tanami cabai di lingkungan sarana ibadah Masjid Al-Fida Halim Perdanakusumah. Ini menjadi program prioritas Kota Jakarta Timur yaitu Rawita Peti untuk menekan inflasi pangan," kata Walikota.

Dirinya juga meminta kepada seluruh masyarakat hingga tokoh agama di lingkungan untuk terus merawat dan memanfaatkan lahan di wilayahnya untuk budi daya pertanian perkotaan demi meningkatkan ketahanan pangan.

"Targetnya, menjelang Bulan Suci Ramadan, kita akan panen bersama, sehingga kebutuhan warga dan jamaah akan pemenuhan cabai dapat berlangsung baik," imbuhnya. 

Sementara itu, Perwakilan dari DKM Masjid Al-Fida, Sigit, mengaku senang dengan adanya penanaman cabai di lingkungan masjid wilayahnya. Pasalnya, keberadaan tanaman cabai dinilai sangat penting sebagai pemenuhan pangan.

“Kami bersyukur, lahan ini ditanami cabai, sehingga pemenuhan pangan dapat tercukupi. Kita akan terus gaungkan kepada masyarakat juga nantinya dalam menggiatkan pemanfaatan perkarangan hijau,” ungkapnya. (AJ)