Bawang Merah Hasil Urban Farming Poktan Jaya Mandiri PIK Penggilingan Segera Dipanen 

Jakarta Timur, (24/1/2024) -  Keberadaan komoditas bawang merah di urban farming (pertanian perkotaan) di atas lahan milik Unit Pengelola Kawasan (UPK) PPUKMP Pulogadung RT 010 RW 07, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur akan segera dipanen. 

Urban farming UPK PIK yang dikelola Kelompok Tani Jaya Mandiri PIK dipastikan akan dipanen, Senin (29/1/2024) mendatang dengan jumlah hampir satu kuintal. 

“Ini merupakan tinjauan perdana saya saat setelah dilantik, saya melihat beragam potensi di lingkungan Kelurahan Penggilingan. Urban farming ini menjadi pemasok komoditi sayuran dan tadi kita dapat informasi dari kordinator poktan senin sore bisa dipanen,” kata Lurah Penggilingan, Wawan Gunawan, Rabu (24/1/2024). 

Dirinya pun akan memastikan di wilayahnya terus menggalakan urban farming dengan menggandeng CSR (Corporate Social Responsibility), Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Timur dan warga. Mengingat fungsi dan manfaat hasil pertanian perkotaan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat hingga menekan iflasi. 

“Apa yang sudah berjalan baik akan kita terus tingkatkan. Dan ini menjadi motivasi kami dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi warga,” tambahnya. 

Mustofa, Koordinator Kelompok Tani PIK RW 07 Kelurahan Penggilingan menjelaskan,  ke depanya akan terus meningkatkan kualitas hasil panen dari beragam komoditi perkebunan sayuran. ”Seperti bayam, kangkung cabai dan bawang akan kita terus tingkatkan dengan panen yang maksimal. Sehingga harapan kita ketahanan pangan dapat dinikmati warga sekitar,” ungkapnya. (AJ)