Wakil Walikota Buka Sosialisasi Pilkada DKI Tahun 2017

Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad membuka sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017, di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (6/6). Kegiatan yang diadakan KPU Jakarta Timur dan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta ini, diikuti para Camat dan Lurah di Jakarta Timur.

Menurut Wakil Walikota sosialisasi ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi jalannya penyelenggaraan Pilkada. “Rapat  koordinasi ini sangat penting untuk itu harus dilakukan, sebagaimana yang tersurat dalam pasal 126 Ayat 2 Undang-undang 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Pemilu,” kata Wakil Walikota.

Wakil Walikota mengingat saat ini telah memasuki jadwal dan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta  Tahun 2017. Dirinya pun meminta kepada para Camat dan Lurah bersikap netral.

Dirinya pun meminta lembaga penyelenggara Pemilu, baik KPU dan Panwaslu tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemkot Jakarta Timur. Koordinasi yang dilakukan melalui Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur tersebut, guna kesuksesan penyelenggaraan pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Pemprov DKI Jakarta Tahun 2017.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pemprov DKI Jakarta Mimah Susanti mengatakan, syarat untuk menjadi panitia pengawas kabupaten/kota, panitia pengawas kecamatan dan panitia pengawas lapangan sudah ada dalam Undang-Undang. “Syarat sebagai panwas kabupaten/kota, Panwascam, dan panitia pengawas lapangan tertera dalam UU nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu,” katanya.

Mimah menambahkan, terkait dengan perkembangan terakhir mengenai fasilitasi Kantor Panwaslu Kota Administrasi Jakarta Timur pada dasarnya telah selesai direnovasi. Namun tinggal menunggu pengadaan meubelair. ”Untuk itu sambil menunggu kesiapan sesuai dengan perintah Pak Wakil Gubernur untuk sementara waktu dapat berkantor di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Timur guna mempersiapkan hal yang terkait dengan seleksi anggota Panwas Kecamatan dan lain sebagainya,” tandasnya. (Ajid/Kominfomas JT)