Walikota Serahkan Bantuan Untuk 18 Masjid Dan Musholah

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menghadiri Safari Ramadhan di Masjid Jami Nurul Ikhlas, Jalan Pertengahan RT 015/RW 003 Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Kamis (9/6). Selain buka puasa dan sholat magrib bersama warga, pada kegiatan ini Walikota juga menyerahkan bantuan dari BAZIS Jakarta Timur untuk pembangunan masjid dan musholah di Kecamatan Pasar Rebo.

Tercatat ada 18 masjid dan musholah di Kecamatan Pasar Rebo yang mendapatkan bantuan. Total jumlah bantuan yang diserahkan oleh Walikota mencapai Rp 183 juta.

"Alhamdulillah pada Safari Ramadhan kali ini, kita mampu memberikan bantuan sebesar Rp 183 juta yang diperuntukan guna pembangunan 18  masjid dan musholla di Kecamatan Pasar Rebo melalui bantuan dana yang dikelola oleh BAZIS Jakarta Timur," kata Walikota dalam sambutannya.

Walikota mengatakan, bantuan tersebut merupakan hasil pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) dari masyarakat yang  masuk ke BAZIS Jakarta Timur. “Untuk itu saya mengajak para umaro di wilayah Jakarta Timur untuk mengajak masyarakat menginfaqan sebagian hartanya kepada BAZIS Jakarta Timur guna kepentingan besama, termasuk kepentingan dalam membangun rumaah ibadah dan bagi masyarakat yang lebih membutuhkan," papar Walikota.

Pada kesempatan ini, Walikota memberikan apresiasi kepada pengurus Masjid Jami Nurul Ikhlas yang benyak membuat kegiatan selama bulan Ramadhan, seperti kajian Islam Minggu Pagi, Tafsir Hadis setelah Maghrib, Majelis Talim dan TPA.

“Kegiatan yang telah diterapkan pagi hingga malam  ini sangat positif untuk masyarakat dalam memperluas ilmu keagamaan dan meningkatkan keimanan," ujarnya.

Terkait Safari Ramadhan, menurut Walikota, merupakan program rutin yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Lewat kegiatan ini, dirinya yang hadir bersama para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Timur keliling ke masjid-masjid dan musholah untuk berbuka puasa serta saholat tarawih berjamaah bersama warga.

"Ini merupakan kegiatan rutin selama bulan Ramadhan. Sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi dengan masayarakat, sekaligus mendengar juga kritik dalam kepemimpinan dirinya jika ada yang masih kurang mengena terhadap masayarakat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Ikhlas Cijantung H. Sutrisno mengatakan, kedatangan Walikota beserta jajarannya membuat pihaknya sangat bangga dan terharu. “Ini adalah momentum terindah bagi kami sebagai pengurus masjid dan seluruh warga di Kelurahan Cijantung yang dimana mampu bisa menajalin kasih sailaturahmi dengan para pimpinan Kota Administrasi Jakarta Timur," ujarnya.

Dirinya pun menjelaskan, dengan amanah yang diberikan melalui bantuan dan serta pemberian kitab suci Al Quran nantinya akan dipergunakan sebagaimana mestinya. “Bantuan yang kami terima bentuk amanah yang akan kami wujudkan dalam memperindah serta memakmurkan secara optimal  dalam pembangunan masjid ini baik ibadah maupun sosial ke Islaman," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)