Warga Antusias Datangin Pasar Murah Ramadan di RPTRA Mustika

Jakarta Timur, (15/3/2024) - Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, meninjau kegiatan Pasar Murah Ramadan 1445 H Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di RPTRA Mustika Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2024). Pasar murah digelar serentak di 10 titik di wilayah Jakarta Timur. 

Dalam kesempatan itu, Mendag berkesempatan memberikan secara simbolis beras gratis kepada warga sebanyak 100 karung untuk warga Kelurahan Kramat Jati. Kegiatan turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan, Kepala Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur Derliana Melinda Sagala, Wakil Camat Kramat Jati Diman, dan Lurah Kramat Jati Karman.

Pasar Murah Ramadan diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Dharma Jaya, Bulog dan Food Station. “Kami meninjau dan sekaligus melaksanakan kegiatan Pasar Murah di RPTRA Mustika, yang tadi dihadiri oleh Bapak Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. Kegiatan Pasar Murah menjual berbagai jenis sembako,” kata Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo.

Jenis sembako yang tersedia di pasar murah yakni beras, minyak goreng, gula, daging sapi, daging ayam, dan telur.  “Semua warga tadi sangat antusias dengan kegiatan ini. Untuk beras dari Bulog menyediakan 400 pax beras, dan masih banyak jenis sembako lainnya dalam kegiatan pasar murah ini, dan khusus di Jakarta Timur hari ini kita lakukan pasar murah serentak di 10 titik. Ini kami lakukan untuk menjaga stabilitas harga di Bulan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” jelasnya. 

Sementara itu, Plt Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, menambahkan kegiatan pasar murah yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas PPKUKM dan Sudin PPKUKM Jakarta Timur dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Tadi dihadiri bapak Menteri Perdagangan Republik Indonesia dan sekaligus memberikan bantuan beras kepada warga Kelurahan Kramat Jati, bantuan beras ini sangat dirasakan manfaatnya kepada warga sekitar,” katanya. 

Lebih lanjut Eka menjelaskan, gelaran pasar murah di Jakarta Timur sudah dilaksanakan sejak sebelum puasa hingga menjelang Lebaran. “Ini dilakukan dalam rangka menstabilkan harga, harga sembako terjangkau dan pasokan sembako stabil ini juga yang diharapkan masyarakat. Hari ini dilakukan pasar murah di 10 titik di wilayah Jakarta Timur selain yang digelar di RPTRA Mustika,” tutupnya. (JS)