Pimpin Apel Senin, Wakil Walikota Minta Jajaran Tidak Lengah Hadapi DBD

Jakarta Timur, (1/7/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, meminta seluruh jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur tidak lengah menghadapi bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD). Penegasan itu diungkapkan Wakil Walikota saat memimpin Apel Senin Pagi bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (1/7/2024).

Seperti diketahui dari hasil data web surveilans DBD Dinas Kesehatan DKI Jakarta  per tanggal 27 Juni 2024, Jakarta Timur berada di urutan keenam dari enam wilayah dan kabupaten di wilayah DKI Jakarta.  

“Jakarta Timur berada di urutan keenam, tetapi saya harapkan seluruh jajaran tidak boleh lengah, bisa saja kasus DBD besok tinggi dan selanjutnya rendah. Jadi, pesan saya kepada kecamatan dan kelurahan yang masih rendah agar terus melakukan komunikasi secara efektif kepada semua komponen di wilayahnya yang masih terjadi banyak kasus,” kata Wakil Walikota.

Dari incidence rate (IR) atau angka kesakitan, penyebaran DBD dari 13-27 Juni di Jakarta Timur, tertinggi berada di Kecamatan Pasar Rebo dengan IR 14,87 dan Kelurahan Setu 29,18, sementara terendah di Kecamatan Pulogadung 0,97 dan Kelurahan Ujung Menteng.

“Jadi jangan melihat dari kertas kasusnya, tapi melakukan aksi dan turun ke lapangan apa yang jadi permasalahan di wilayahnya,” tegasnya.

Apel Senin Pagi diwarnai pemberian selendang merah serta spanduk kepada kecamatan, kelurahan bersama Puskesmas yang wilayahnya mendapatkan kasus DBD tertinggi. Pemberian selendang dilakukan sebagai bentuk pembinaan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur dalam menangani kasus DBD di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota memberikan apresiasi terhadap penataan kawasan di Jakarta Timur yang membuahkan hasil dengan meraih catatan terbaik di Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Tiga penghargaan diraih Kelurahan Balekambang, Kelurahan Pisangan Baru, dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan yang langsung mendapat penghargaan dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada jajaran Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur, khususnya Kabag Pemerintahan agar merekam semua kinerja para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), baik capaian provinsi maupun capaian tingkat nasional, tujuannya tentu agar meningkatkan kinerja teman-teman semua,” tutupnya. (JS)