Kecamatan Cipayung Galakan Siskamling dan Buka Posko Taktis Sepanjang Ramadan

Jakarta Timur, (19/3/2024) – Sepanjang Ramadan, Kecamatan Cipayung menggalakan Siskamling dan membuka Poskotis (Posko Taktis) di seluruh kelurahan, khususnya di wilayah Rawan Kamtibmas. Siskamling diaktifkan untuk mengantisipasi aksi kejahatan selama bulan Ramadan.

Hal itu diungkapkan Camat Cipayung, Panangaran Ritonga, saat memimpin monitoring siskamling bersama Forum Komunikasi Ulama Umaro (FK ULUM) dan Aparatur Sipil Negara (ASN), Selasa (19/3/2024). Kegiatan juga dihadiri Ketua FK ULUM, KH. Lukman Hakim.

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga, menjelaskan kegiatan siskamling diaktifkan kembali untuk mengantisipasi berbagai jenis kejahatan yang kerap terjadi selama Ramadan. Seperti pencurian di rumah, pencurian sepeda motor dan lainnya.

“Karena di bulan puasa ataupun Idul Fitri, banyak warga kita yang mudik, jadi adanya posko siskamling yang dilakukan di wilayah Kecamatan Cipayung bersama tiga pilar turut serta menjaga wilayah dari pelanggaran Kamtibmas. Jadi, ayo semua elemen masyarakat Kecamatan Cipayung turut serta menjaga kampung kita agar kondusif,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Panangaran memuji peran serta FK Ulum yang ikut membantu menciptakan kondisi lebih aman dan tertib. Terutama dalam meredam dan mengantisipasi tawuran remaja yang kerap terjadi di bulan Ramadan, terutama saat hari libur, Sabtu dan Minggu.

“Kami merasa bersyukur dan sangat terbantu dengan adanya keterlibatan masyarakat, apalagi tokoh ulama yang tergabung dalam FK ULUM dalam mengajak warga lainnya menciptakan kondisi wilayah yang aman dan tertib,” ungkapnya.

Dalam kegiatan monitoring, pihak FK Ulum memberikan bantuan secara simbolis ke empat titik lokasi Posko Taktis, yakni di Kelurahan Cipayung, Kelurahan Lubang Buaya, Kelurahan Setu dan Kelurahan Munjul. Bantuan berupa bebragai jenis makanan.

Ajakan untuk menjaga lingkungan aman dan tertib juga diungkapkan KH. Lukman Hakim. Ketua FK ULUM Kecamatan Cipayung itu mengajak para pengurus RT dan RW mengaktifkan kembali pos ronda malam atau siskamling bersama pengurus lingkungan masyarakat.

“Diharapkan warga masyarakat ikut memilki kesadaran mengaktifkan posko siskamling di tiap RW yang ada di wilayah Kecamatan Cipayung. Kepada para alim ulama FK ULUM kecamatan dan kelurahan, kita harus berikan dukungan kepada pengurus lingkungan RW, RT, LMK dan Ormas yang ada untuk aktifkan Siskamling karena Kecamatan Cipayung ini kampung kita, kalau bukan kita yang peduli siapa lagi,” jelasnya. (JS)