Walikota Jakarta Timur Bersama Rumah Aspirasi Lepas Mudik Gratis 100 Penyandang Tunanetra

Jakarta Timur, (8/4/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melepas mudik gratis Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia di Terminal Terpadu Pulogebang, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Senin (8/4/2024).

Sebanyak 100 penyandang tunanetra mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Rumah Aspirasi Tunanetra dan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia berasal dari beberapa wilayah. Di antaranya Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek).

Hadir mendampingi Walikota, Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia H. Arief Pribadi, Camat Cakung Fadjar Eko Satrio, dan Kepala Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulogebang Emanuel Kristanto.

"Alhamdulillah, saya hadir di Terminal Terpadu Pulogebang untuk melepas mudik gratis atau pulang kampung gratis penyandang tunanetra dari Rumah Aspirasi Tunanetra Netra Indonesia. Mudik atau pulang kampung merupakan tradisi bangsa Indonesia yang dilakukan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Walikota.

Ia berpesan kepada seluruh tunanetra yang melaksanakan mudik gratis berhati-hati di jalan, dan tetap menjaga kesehatan.

"Semoga berangkat selamat ke kampung halaman dan kembali ke Jakarta juga dengan selamat," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota mengungkapkan apresiasi terhadap pemerintah pusat atas terselenggaranya mudik gratis Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia bersama Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia.

"Saya juga mengapresiasi kepada Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang telah memfasilitasi mudik gratis. Mudik menyediakan tiga kendaraan bus untuk kegiatan mudik gratis ke arah tujuan Pantura dan nantinya pulang ke Jakarta mereka akan dijemput kembali sampai di Terminal Pulogebang," imbuhnya.

Rasa terima kasih juga diungkapkan Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia, H. Arief Pribadi. Ia menyampaikan mudik gratis ke wilayah Pantura, Pantura Selatan, Semarang, dan Cilacap diharapkan berjalan lancar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Republik Indonesia bersama bapak Menteri Perhubungan dan bapak Walikota Jakarta Timur, yang telah mendukung kegiatan mudik gratis hari ini. Mudah-mudahan perjalanan mudik para tunanetra ke kampung halaman berjalan dengan baik, pulang dan pergi selamat sampai tujuan," ungkapnya.

Mudik gratis menjangkau tujuan Pantura, Pantura Selatan, Semarang, dan Cilacap. Kegiatan ini diikuti 100 peserta beserta keluarga mereka.

"Sebagian besar tunanetra yang mengikuti mudik gratis warga Jakarta Timur. Jadi ada pengawas dari Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia yang mengawasi mudik gratis," tutupnya. (JS)