18 Satgas Gabungan Cepat Tangani Genangan di Jalan Jambore Cibubur

Jakarta Timur, (24/4/2024) – Para petugas gabungan bergerak cepat melakukan penanganan genangan di Jalan Jambore Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (23/4/2024) malam. Genangan terjadi akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Jakarta sejak sore hari.

Ada 8 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cibubur dan 10 Satuan Tugas (Satgas) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Ciracas yang hadir membantu proses penanganan genangan. Ditambah pompa mobile berkapasitas 250 liter per detik untuk mempercepat surutnya genangan yang mencapai 30-40 cm.

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Cibubur, Heru Kristianto, menjelaskan genangan mulai terjadi Selasa sekitar pukul 17.30 WIB,  ketika cuaca diguyur hujan deras disertai angin kencang dan petir.

“Untuk penanganan kita kerahkan delapan PPSU dan 10 Satgas SDA. Setiap hujan deras memang kami selalu siaga untuk mengantisipasi dan penanganan genangan di Jalan Jambore ini," kata Heru.

Sementara itu, Koordinator Satgas SDA Kecamatan Ciracas, Deby, menambahkan genangan dipompa ke saluran gendong menuju Waduk Rawa Dongkal. “Air dipompa ke saluran gendong yang ada di sisi barat Jalan Jambore untuk dibuang ke Waduk Rawa Dongkal,” terangnya. 

Para petugas PPSU dan Satgas SDA tak hanya melakukan penanganan genangan, tapi juga membantu mengatur lalu lintas di lokasi kejadian, hingga genangan menyurut. (JS)