Kecamatan Duren Sawit Sambut Kunjungan Dirjen PPKL Kementerian LHK RI Tinjau Kolam Gizi Malaka Jaya

Jakarta Timur, (26/4/2024) - Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Tulus Laksono, melakukan peninjauan lokasi kolam gizi warga, di Jalan Nusa Indah IV Gang 8 RT 008 RW 04, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (25/4/2024). 

Peninjauan dilakukan dalam rangka persiapan peresmian kolam gizi warga pada Juli mendatang, yang rencananya akan diresmikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya. Hadir mendampingi, Camat Duren Sawit Kelik Sutanto dan Lurah Malaka Jaya Asiyanto. 

"Ini bagian dari upaya inovasi warga yang patut diapresiasi, di lingkungan padat penduduk serta lingkup RT (Rukun Tetangga) peduli akan kelestarian lingkungan utamanya sebagai upaya mencegah terjadinya planetary crisis atau perubahan iklim," kata Tulus Laksono. 

Menurutnya, terdapat puluhan item inovasi yang dihadirkan sebagai pencegahan planetary crisis hingga kini telah dipelihara baik, mulai dari penghijauan, komposter hingga keberadaan kolam gizi patut dijadikan contoh konkrit sebagai percontohan untuk dapat diadopsi skala nasional. 

"Kita tadi sudah meninjau langsung, ada 35 jenis upaya yang sudah dilakukan dan cukup baik, ini dapat dijadikan sebagai wahana edukasi percontohan yang patut digetuktularkan pada semua RT di Indonesia," imbuhnya. 

Sementara itu, Camat Duren Sawit, Kelik Sutanto menambahkan, pihaknya akan terus mendukung semangat warga dalam menjaga lingkungan. Pasalnya inovasi warga RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya berhasil menjawab dalam mengatasi tantangan ke depan. 

Dilanjutkan Kelik, terdapat tiga tantangan kunci yang harus diatasi adalah kesenjangan sosial, kualitas hidup, dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi perubahan global. 

"Langkah ini akan kita dorong ke seluruh RT sehingga harapan bersama dalam membangun kota yang nyaman dan sehat bagi penduduknya dalam berkelanjutan," paparnya. (AJ)