Jumat Menanam, Sudin Tamhut Jakarta Timur Tanam 23 Pohon Tabebuya Pink

Jakarta Timur, (26/2/2024) – Sebanyak 23 pohon tabebuya pink ditanam di jalur hijau median, Jalan Soemarno di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jumat (26/4/2024). Kegiatan yang merupakan rutinitas Jumat Menanam dipimpin langsung Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Timur, Djauhar Arifin.

Djauhar menjelaskan, penanaman pohon dilakukan persis di depan kantor Pengadilan Negeri Jakarta Timur karena di lokasi tersebut terlihat masih kurang hijau, meski sudah banyak ditanami berbagai tanaman hias.

“Karena ini akses menuju perkantoran pemerintahan maupun militer, makanya  kita percantik dengan ditanami berbagai tanaman hias dan pohon rindang,” jelas Djauhar.

Kegiatan itu mengerahkan 12 personel satgas yang setiap harinya akan menjaga dan merawat jalur hijau, mulai dari depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur hingga jelang Jembatan Tol Cacing atau depan Markas Kodim 0505. Di lokasi juga terdapat sprinkler untuk menyirami tanaman secara otomatis.

“Hari ini kita tanam tabebuya pink karena warna bunganya menarik dipandang mata,” tuturnya.

Plt Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Tamhut Jakarta Timur, Randi Putra menambahkan, penanaman pohon ini untuk mendukung program Pemprov DKI dalam memenuhi target penanaman dua juta pohon.

“Di sini juga akan dipasang ornamen representasi dari Bambu Apus yang merupakan ikon Jakarta Timur. Bahannya menggunakan galvanis dan akan diterangi dengan lampu taman,” kata Randi.

Randi menyebutkan, selain personel satgas penanaman pohon ini juga melibatkan perwakilan ASN, Kasatpel Tamhut dari 10 kecamatan dan Dharma Wanita Persatuan (DWP)  serta  Komunitas Aerial Drone Racing Drone (Kalong) Jakarta.

“Penanaman dilakukan pada sejumlah titik yang terlihat belum ada pohon rindangnya,” tutupnya. (JS)