Jelang Idul Adha, Sudin KPKP Jakarta Timur Periksa 174 Hewan Kurban

Jakarta Timur, (27/5/2024) - Jelang Hari Raya Idul Adha pada 17 Juni mendatang, pihak Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan pemeriksaan sebanyak 174 hewan kurban, Senin (27/5/2024). Pemeriksaan dilakukan di dua lokasi di Kecamatan Cipayung, yakni di Kelurahan Ceger dan Kelurahan Bambu Apus, terdiri dari 141 sapi, 16 kambing dan 17 domba.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan dan Peternakan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Theresia Ellita.G. Dalam pemeriksaan, pihak Sudin KPKP mengerahkan 10 petugas, perwakilan dari Pusyankeswanak, Sudin KPKP Jakarta Timur, dan Satpel Sudin KPKP Kecamatan Cipayung.

Salah satu lokasi pemeriksaan, ada tiga ekor sapi yang dijadikan sampel pemeriksaan jadi perhatian. Dari ketiga sapi, dua ekor terindikasi mengarah pada penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

“Setelah ditemukannya sapi yang terindikasi PMK, tim Sudin KPKP Jakarta Timur sudah melakukan tindakan preventif dengan memisahkan dari kelompok hewan kurban yang lain dan dilakukan pengobatan. Tadi kami sudah koordinasikan kepada pemilik hewan kurban, bahwa dua sapi tersebut akan dipantau terus kesehatannya sampai sembuh,” jelasnya.

Theresia memastikan akan melakukan pengecekan kesehatan secara intensif setiap harinya. Sudin KPKP juga akan memberikan obat penurun panas serta pemberian vitamin sesuai kondisi hewan. 

“Selanjutnya akan ada pemeriksaan laboratorium dari Dinas KPKP DKI Jakarta dan diambil sampel darahnya oleh tim dokter hewan Dinas KPKP DKI Jakarta,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada para pemilik hewan kurban untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang mereka jual dan harus memiliki surat kesehatan hewan. 

“Pastikan ada surat izin pemasukan hewan dan izin keluar hewan. Selama perjalanan pastikan kesehatan hewannya, jadi selama perjalanan ada risiko penularan penyakit selama perjalanan jadi pastikan hewan-hewan yang dikirim dari daerah tetap sehat. Selain itu juga, saat tiba dilokasi penjualan hewan kurban pastikan kandang steril, dan selalu bersih, agar terhindar dari virus penyakit hewan," tutupnya. (JS)