Camat Duren Sawit Panen Raya Ratusan Melon Kirani di Swara Hijau Farm

Jakarta Timur, (31/5/2024) – Jajaran Kecamatan Duren Sawit melakukan panen raya buah melon di lahan pertanian milik Kelompok Tani Swara Hijau Farm, di Jalan Kampung Sumur RT 07 RW 10 Kelurahan Klender, Jakarta Timur, Jumat (31/5/2024). 

Tercatat sebanyak 100 buah melon jenis Kirani berhasil dipanen dalam program ketahanan pangan tersebut. Program yang sekaligus bertujuan menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar. 

“Kami apresiasi buah melon yang dipanen cukup maksimal, apalagi pengelolaan dan pemeliharaan urban farming ini melibatkan masyarakat sebagai bagian daripada pemberdayaan. Artinya terwujudnya program ketahanan pangan, sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar,” kata Camat Duren Sawit, Kelik Sutanto yang hadir memimpin panen melon, Jumat (31/9/2024). 

Dijelaskan Kelik, 100 buah melon kirani yang dipanen, masing-masing beratnya mencapai sekitar 0,8 hingga satu kilogram, dan dijual dengan harga Rp40 ribu. Nantinya, hasil penjualan untuk operasional Kelompok Tani (Poktan).

Kasatpel Kecamatan Duren Sawit, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur, Siti Halimah, menjelaskan Poktan Swara Hijau Farm ini merupakan binaan dari unit yang dipimpinnya dan mereka melakukan pendampingan cara bercocok tanam melon tersebut. Ini dilakukan agar program pertanian perkotaan tetap berjalan dan semakin meningkat demi kesejahteraan masyarakat

"Kita akan terus lakukan pembinaan terhadap kelompok tani yang ada di seluruh Kecamatan Duren Sawit," ungkapnya. 

Hadir dalam kegiatan itu juga Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Suci Awalia Sutanto. (AJ)