PSN di Penggilingan, Wakil Walikota Minta Tingkatkan Kebersihan dan Bentuk Jumantik Mandiri

Jakarta Timur, (31/5/2024) – Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di RT 015 RW 08, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (31/5/2024). 

Wakil Walikota menjelaskan, pelaksanaan PSN rutin dilaksanakan setiap Selasa dan Jumat. Ia menyebutkan monitoring dilakukan guna memastikan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) serta melaksanakan dengan baik dan benar. Ia juga memastikan warga menerapkan kebersihan rumahnya, khususnya tempat-tempat penampungan air bebas dari jentik. 

Setelah penyisiran beberapa rumah, dari hasil PSN di RT 015 RW 08 Kelurahan Penggilingan, hasilnya tidak terdapat jentik. Ia pun meminta kepada warga serta kader Jumantik untuk meningkatkan kebersihan tersebut, demi menurunkan angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta Timur, khususnya di Kecamatan Cakung. 

“Secara umum tadi, RT 015 yang kita kunjungi bagus, bersih, dan juga tidak ada kasus, alhamdulillah. Mudah-mudahan ini terus ditingkatkan upaya ini agar kita terus menurunkan angka kasus penyakit deman berdarah di Jakarta Timur,” ujarnya. 

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Jakarta Timur untuk menjalani Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) demi mencegah penyebaran DBD, mengingat Jakarta Timur memiliki geografis yang luas dan padat penduduk, sehingga berisiko tinggi penyebaran DBD jika tidak menjalani PHBS. Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk menjadi Jumantik mandiri, satu rumah memiliki satu kader Jumantik. 

“Kita optimalkan self Jumantik (Jumantik mandiri), satu rumah, satu kader Jumantik mandiri, jadi satu rumah punya kader Jumantik yang mau melakukan PSN atau 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) di rumahnya masing-masing. Saya yakin untuk perumahan itu aman, kemudian di tempat lain kantor, sekolah, ruang terbuka itu butuh kerjasama oleh semua pihak semuanya bergerak bersama,” ungkapnya. 

Sementara itu, Koordinator Kader Jumantik RW 08 Kelurahan Penggilingan, Sri Mulyanti, mengapresiasi  dan berterima kasih atas kedatangan Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, yang memonitor PSN di wilayahnya. Ia mengatakan dengan kedatangan Wakil Walikota diharapkan menjadi motivasi dan semangat bagi para kader Jumatik untuk melakukan kegiatan PSN. Ia juga merasa bersyukur selama kegiatan PSN di wilayahnya tidak ditemukan jentik. 

“Terima kasih atas kedatangan Ibu Wakil Walikota, kedatangannya telah memberikan motivasi dan kami semakin terus meningkatkan kegiatan PSN, agar mencegah DBD di wilayah kami,” ungkapnya. (AD)