Taman PPSU Balekambang Jadi Kawasan Unggulan Terbaik di Jakarta Timur

Jakarta Timur, (2/7/2024) - Penataan kawasan unggulan triwulan kedua kelurahan yakni Taman PPSU Kelurahan Balekambang, menjadi yang terbaik di Jakarta Timur dan mendapatkan piagam penghargaan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 

Selain Taman PPSU Kelurahan Balekambang, penghargaan juga diberikan kepada penataan kawasan unggulan triwulan kedua untuk Kelurahan Pisangan Baru dan Kelapa Dua Wetan, yang berada di posisi kedua dan ketiga. 

Taman PPSU sendiri lokasinya berada di Jalan Munggang RT 10 RW 04 Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Bersama dengan Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, taman ditanami berbagai macam sayuran dan buah-buahan, seperti kacang panjang, pare, terong, pepaya, singkong, kelengkeng, jeruk, duren, nangka, dan taman hias.

“Kami memilih lahan tersebut dijadikan kawasan unggulan triwulan kedua dalam rangka pengamanan aset milik Dinas SDA (Sumber Daya Air), yang sudah dibebaskan yang menjadi program normalisasi Kali Ciliwung. Selain itu, di wilayah Kelurahan Balekambang tidak mempunyai lahan, jadi kami pergunakan untuk urban farming tingkat Kelurahan Balekambang, sesuai arahan dari pimpinan untuk mempergunakan lahan kosong dijadikan tempat yang bermanfaat untuk warga masyarakat,” kata Lurah Balekambang, Herman Triono, kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Selasa (2/7/2024). 

Herman menjelaskan, luas lahan yang dijadikan lahan urban farming dan taman kurang lebih 100 meter. Rencananya, bangunan disamping kawasan unggulan akan dibongkar untuk memperluas lahan urban farming. 

“Adapun pengerjaan kawasan unggulan dan perawatan lahan urban farming diturunkan sebanyak 6 personel PPSU Kelurahan Balekambang,” tutupnya. (JS)