Sudis Pusip Jakarta Timur Terus Berikan Layanan Digitalisasi Arsip Keluarga

Jakarta Timur, (3/7/2024) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudis Pusip) Kota Administrasi Jakarta Timur memberikan sosialisasi rutin layanan digitalisasi arsip keluarga di dua kelurahan, Kelurahan Cilangkap dan Kelurahan Jatinegara, selama sepekan.

Hal itu diungkapkan Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur, Komiasih, kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Rabu (3/7/2024).

Komiasih menjelaskan, kegiatan diikuti 120 warga yang terbagi ke dalam dua kelompok. Sebanyak 25 warga mengikuti pelayanan digitalisasi arsip keluarga, sementara lainnya mengikuti sosialiasasi layanan digitalisasi arsip keluarga dan arsip penting lainnya seperti ijazah, surat tanah dan lainnya.

Sosialisasi ini diikuti unsur RT/RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Mereka nantinya bertugas mensosialisasikannya ke lingkungan masyarakat.

"Layanan sosialisasi, edukasi dan  digitalisasi arsip ini diberikan agar warga memiliki arsip dokumen pentingnya secara digital, sehingga ketika hilang atau rusak, ada backup dokumennya," ujar Komiasih.

Ia menambahkan, sosialisasi layanan digitilisasi tersebut nantinya juga akan menyasar di pemukiman yang padat, guna memudahkan masyarakat untuk membuat arsip penting dalam format digital.

"Sosialisasi dan layanan arsip keluarga digitalisasi seperti ini ke depan masih terus kita lakukan dengan lokasi pemukiman padat penduduk,” tambahnya.

Sementara itu, LMK RW 02 Cilangkap, Suharno, mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran Sudin Pusip Jakarta Timur dan kelurahan yang telah menggelar sosialisasi dan layanan arsip keluarga digitalisasi tersebut. Menurutnya, hal sangat penting karena masih banyak masyarakat yang menyadari  betapa pentingnya digitalisasi arsip keluarga.

"Musibah kan tidak ada yang tahu kapan dan menimpa siapa. Tentu dengan adanya backup arsip secara digital ini sangat penting,” ungkapnya. (AD)