Kelurahan Balimester Modifikasi Saluran dengan Budidaya Ikan dan Urban Farming di RW 06

Jakarta Timur, (4/7/2024) -- Kelurahan Balimester telah merampungkan penataan kawasan di Jalan Kampung Bendungan, RW 06, Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada 24 Juni lalu. Kawasan seluas 40 meter yang sebelumnya merupakan lahan tidur dimodifikasi menjadi area budidaya ikan dan urban farming.

Lurah Balimester, Nugroho Muduning Bawono, menjelaskan, penataan kawasan yang merupakan program Penataan Titik Unggulan (PTU) itu tak hanya melakukan budidaya ikan saja, tapi juga dilakukan urban farming. Berbagai tanaman dikembangkan, seperti tanaman pokcoy, tanaman hias hingga tanaman obat keluarga (toga), sehingga lahan tersebut menjadi bermanfaat bagi warga setempat. 

“Jadi kita memanfaat saluran dengan urban farming juga budidaya ikan lele, yang nantinya dapat bermanfaat buat warga sekitar,” ujarnya.

PTU Kampung Bendungan merupakan yang ketujuh di Kelurahan Balimester. Beberapa titik disulap menjadi lahan yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya PTU Rumah Babeh yang berada di kolong flyover Kampung Melayu, Jalan Basuki Rahmat. (AD)