35 Peserta Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran di Ciracas

Jakarta Timur, (15/7/2024) - Sebanyak 35 peserta mengikuti kegiatan pelatihan penanganan kebakaran bersama Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Senin (15/7/2024). Pelatihan digelar di lahan kosong, Jalan raya Ciracas, RT 03 RW 05 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Para peserta diberikan materi secara teori dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Mereka juga diberikan pelatihan praktik memadamkan kobaran api dari sebuah rumah semi permanen yang sengaja dibuat oleh warga untuk pelatihan tersebut.

Tak hanya itu, para peserta juga diajarkan cara memadamkan menggunakan mobil pemadam kebakaran. Peserta juga diajarkan teknis pelaporan kebakaran kepada petugas pemadam ketika terjadi sebuah kebakaran.

Kasatgas Gulkarmat Kelurahan Ciracas, Ahmad Gozali, menjelaskan para peserta yang ikut dalam pelatihan, terdiri dari 25 warga dan unsur terkait seperti Babinsa/Bimaspol, FKDM, Satpol PP, Satgas Perhubungan dan unsur kelurahan setempat.

"Materi yang kita berikan soal pemadaman kebakaran di pemukiman padat hunian dan penyelamatan. Jadi selain secara teori mereka juga diajak praktik memadamkan api dari sebuah rumah bedeng  yang terbakar," kata Gozali.

Pelatihan mengerahkan 11 unit mobil pemadam berikut dengan 40 personel. "Rencananya, pada Selasa besok kita bentuk Redkar tingkat kelurahan," lanjut Gozali.

Sementara, Ketua RW 05 Ciracas, Buhari Nur Khairudin, mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena diberikan kesempatan untuk pelatihan penanganan kebakaran di wilayahnya, sekaligus pembentukan Redkar tingkat RW.

“Warga sangat antusias karena diajak praktik langsung memadamkan api. Suasananya seperti kejadian kebakaran yang menimpa rumah warga, seperti benaran terjadi. Sehingga ada tegang-tegangnya saat pemadaman," papar Buhari. (JS)