Jelang Kirab Bendera Pusaka, Kawasan Jalan Halim Perdanakusuma Dipercantik


Jakarta Timur, (18/7/2024) - Jelang pelaksanaan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dari Istana Negara Jakarta menuju Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Kawasan Jalan Raya Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur dipercantik. Kawasan ini menjadi lintasan utama iring-iringan kirab yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin, menjelaskan sebagai langkah awal penataan dan mempercantik kawasan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, pihaknya telah melakukan kerja bakti dengan melibatkan 250 personel dan 10 truk pengangkut sampah, Rabu (17/7/2024) lalu. Yakni membersihkan sampah di sepanjang jalan tersebut dan melakukan perapihan tanaman.

“Kemudian kita lanjutkan mulai hari ini perapihan, penanaman aneka tanaman hias di titik-titik yang perlu ditanami tanaman hias. Targetnya pekan depan penataan ini rampung,” kata Djauhar, Kamis (18/7/2024).

Menurutnya, penataan ulang atau revitalisasi kawasan tersebut meliputi, penyulaman pada bagian median jalan, dan penambalan area yang kosong dengan tanaman baru. Selain itu seluruh sampah di kiri kanan jalan dibersihkan dan tanaman yang terlihat rimbun dirapihkan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Tamhut Jakarta Timur, Randi Putra menambahkan, untuk mempercantik kawasan Jalan Halim Perdanakusuma, pihaknya menyiapkan 5.700 tanaman hias. Terdiri dari jenis pretty pink 4.000 polybag, palem kol 1.200 polybag dan pucuk merah 500 polybag.

“Seluruh tanaman hias ini akan ditanam pada titik-titik yang terlihat masih kosong. Termasuk menggantikan tanaman yang kering atau mati dengan yang baru, sehingga Kawasan tersebut terlihat tetap menarik," kata Randi.

Selain di sepanjang jalan tersebut, area dalam dan luar Bandara Halim Perdanakusuma juga akan akan dirapihkan dengan aneka dekorasi. Perapihan akan dilakukan oleh Dinas Tamhut DKI. (JS)