90 Pelaku Industri Pariwisata Ikuti Bimtek Sudin Parekraf Jakarta Timur

Jakarta Timur, (26/7/2024) - Sebanyak 90 orang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Industri Pariwisata Kota Administrasi Jakarta Timur Tahun 2024, di Hotel Vasaka Cawang, Jakarta Timur, Kamis (25/7/2024). Kegiatan Bimtek dihadiri dan dibuka Plt Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Timur, Puji Hastuti.

“Jumlah industri pariwisata di Jakarta timur secara kuantitatif yang terdaftar saat ini berjumlah 1.461. Bisnis usaha pariwisata, meliputi usaha bidang penyediaan akomodasi, penyediaan jasa makanan dan minuman, hiburan rekreasi dan usaha jasa pariwisata,” kata Puji kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Jumat (26/7/2024).

Menurut Puji, sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penyerapan tenaga kerja, kesempatan berusaha dan Penerimaan Asli Daerah (PAD) di Provinsi DKI Jakarta.

“Atas alasan itu, kegiatan dilakukan dalam rangka pengawasan kegiatan pariwisata dan perlu dilakukan pembinaan secara langsung ke lapangan maupun pembinaan secara massal, melalui bimbingan teknis dan memberikan pemahaman kepada para pelaku industri pariwisata terkait dengan ketentuan penyelenggaraan usaha pariwisata,” ujarnya.

Beberapa hal dibahas di antaranya seperti legalitas usaha/perizinan usaha, kebersihan dan sanitasi seperti pengelolaan sampah/limbah, terkait dengan upaya pencegahan terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) pada usaha pariwisata dan ketentuan lain, yang berkaitan dengan penyelenggaraan usaha.

Dalam rangka memberikan dukungan kepada para pelaku usaha, Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Timur juga menyelenggarakan pembinaan melalui Bimbingan Teknis Bagi Pelaku Akreditasi Nasional (KAN). Kegiatan dihadiri PMPTSP Kota Administrasi Jakarta Timur, praktisi usaha pariwisata, Kementerian Kesehatan RI, Dinas PPKUM Provinsi DKI Jakarta, serta Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI. (JS)